Pengembangan Bahan Ajar Berupa Jobsheet Praktikum Sistem Rem Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 6 Malang
Main Author: | Sugianto Purnomo |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM
, 2015
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/46015 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Purnomo, Sugianto. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berupa Jobsheet Praktikum Sistem Rem Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ir. Mustaman, M.Pd., (II) Drs. Partono, M.Pd. Kata kunci: Bahan Ajar, Jobsheet, Sistem Rem. Bahan ajar berupa jobsheet yang digunakan praktikum oleh guru belum disusun secara benar dan hanya mengambil reverensi dari beberapa jobsheet dan download di internet tanpa memperhatikan kemampuan dan kebutuhan siswa dalam praktikum. jobsheet ini menggunakan bahasa-bahasa dan gambar yang sangat sulit untuk dimengerti oleh siswa sehingga pemerataan penyerapan materi dan peningkatan skill antar siswa setiap kelas berbeda beda atau tidak merata. Berdasarkan pemaparan permasalahan maka peneliti berkeinginan untuk memberikan solusi dengan mengembangkan bahan ajar jobsheet yang baik dan benar sesuai dengan depdiknas yang nantinya jobsheet tersebut akan di sesuaikan dengan kemampuan siswa dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami serta gambar yang sesuai dengan benda kerja . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar cetak berupa jobsheet untuk siswa kelas XI TKR SMK Negeri 6 Malang, serta mengetahui kualitas produk bahan ajar berupa jobsheet yang dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran sistem rem. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model dari ADDIE yaitu: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket yang diberikan ke pada ahli media, ahli materi, uji coba kelompok kecil berupa hasil tanggapan media pembelajaran terhadap delapan siswa dan uji coba lapangan berupa nilai evaluasi siswa. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif untuk menilai kevalidan produk media yang dihasilkan dan data kualitatif yaitu hasil saran dan tanggapan dari para validator secara lisan oleh pengembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahana ajar berupa jobsheet yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media memperoleh prosentase 93,05% yang termasuk kriteria valid, data dari ahli materi memperoleh prosentase 100% yang termasuk kriteria sanagat valid, hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahan ajar berupa jobsheeet memiliki kualitas sangat baik dengan prosentase 93,75%, uji coba lapangan nilai terendah yang didapat siswa adalah 75, hasil uji coba lapangan memperoleh prosentase 81,94 yang termasuk kriteria valid Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan pada penelitian pengembangan ini dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar praktikum sistem Rem. ABSTRAK Purnomo, Sugianto. 2015. The Development of Jobsheet Learning Material to the Brake System Lab Work for 11th Grade of Light Vehicle Engineering in SMK Negeri 6 Malang. Mini Thesis, Study Program Automotive Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Supervisors: (I) Drs. Ir. Mustaman, M.Pd., (II) Drs. Partono, M.Pd. Keywords: Subjects, Jobsheet, Brake System. Teaching materials in the form of jobsheet used lab have not been prepared properly and just take reverensi of some jobsheet and downloading on the Internet regardless of the abilities and needs of students in the lab. This jobsheet using languages and images that are very difficult to be understood by the students so that equalization absorption material and an increase in skill among the students of each class is different or uneven. Based on the exposure of the problems the researcher intends to provide a solution by developing teaching materials jobsheet is good and right in accordance with the jobsheet mone which will be adjusted to the student's ability and use language that is easily understood and images in accordance with the workpiece This development research aimed to produce printed teaching materials in the form of jobsheet for class XI student of SMK TKR 6 Malang, and to know the product quality teaching materials in the form of jobsheet generated so that used in the learning of the brake system. The aim of this study was to produce printed larning materials in the form of jobsheet for class XI student of SMK TKR 6 Malang, and to know the product quality teaching materials in the form of jobsheet generated so that used in the brake system of learning The development model on this research use a model of ADDIE: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, and (5) evaluation. The data collecting instruments used in research and development in the form of a questionnaire given to the media experts, materials experts, small group trial form of the media response to the eight student learning and field trials in the form of student evaluation value. The type of data that obtained in the form of quantitative data to assess the validity of media products produced and qualitative data that the result of suggestions and comments from the validator orally by the developer. The results showed that the loud noise jobsheet teaching form that has been developed based on the assessment of media experts to obtain percentage of 93.05%, which included the criteria of valid data from matter experts to obtain a percentage of 100%, which included the criteria of darting valid, the test results showed a small group of teaching materials in the form of jobsheeet has excellent with a percentage of 93.75%, the lowest value of field trials which obtain the student is 75, the results of field trials which included a 81.94 percent gained valid criteria Based on the data collected showed that the teaching materials that have been developed in this development research declared valid and fit for use as teaching materials lab Brake system