Pengaruh Variasi Komposisi Campuran Bahan Bakar Premium Dengan Pertamax 92 Terhadap Daya Dan Emisi Gas Buang Pada Honda Vario Techno 125
Main Author: | Akhmad Sukhaemi; MAHASISWA |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM
, 2016
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/45170 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sukhaemi, Akhmad. 2015. Pengaruh Variasi Komposisi Campuran Bahan Bakar Premium dengan Pertamax 92 Terhadap Daya dan Emisi Gas Buang Pada Honda Vario Techno 125. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Sumarli, M.Pd., M.T., (II) Dra. Hj. Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: premium, pertamax 92, daya, emisi gas buang Perkembangan teknologi sepeda motor semakin maju untuk menghasilkan performa mesin yang lebih baik dengan emisi gas buang yang ramah lingkungan. Harapan tersebut akan tercapai apabila konsumen menggunakan bahan bakar pertamax 92 untuk menunjang kinerja mesin, namun kenyataannya konsumen menggunakan premium bahkan mencampur kedua bahan bakar tersebut, akibatnya tujuan dari penciptaan produk tidak tercapai. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh variasi komposisi campuran bahan bakar premium dengan pertamax 92 terhadap daya, (2) untuk mengetahui pengaruh variasi komposisi campuran bahan bakar premium dengan pertamax 92 terhadap emisi gas buang CO, (3) untuk mengetahui pengaruh variasi komposisi campuran bahan bakar premium dengan pertamax 92 terhadap emisi gas buang HC. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Objek dalam penelitian ini ialah honda vario techno 125. Analisis data yang digunakan adalah uji one way ANOVA dan post hoc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata daya serta emisi gas buang CO dan HC yang dihasilkan oleh komposisi 0 : 4 adalah 9.639 Hp serta emisi gas buang CO sebesar 0.734%, dan HC sebesar78.43 ppm. Komposisi 1 : 4 adalah 9.027 Hp serta emisi gas buang CO sebesar 1.104%, dan HC sebesar 108.93 ppm. Komposisi 1 : 1 adalah 8.428 Hp serta emisi gas buang CO sebesar 1.461%, dan HC sebesar 139.67 ppm. Komposisi 4 : 1 adalah 7.810 Hp serta emisi gas buang CO sebesar 1.875%, dan HC sebesar 175.83 ppm. Komposisi 4 : 0 adalah 7.183 Hp serta emisi gas buang CO sebesar 2.404%, dan HC sebesar 206.57 ppm. Dari hasil pengujian analisis menunjukkan bahwa masing-masing variasi komposisi bahan bakar ada perbedaan daya, emisi gas buang CO dan HC yang dihasilkan. Semakin besar komposisi pertamax 92, maka daya yang dihasilkan meningkat dan emisi gas buang CO dan HC menurun. Pada kecepatan menengah emisi gas buang CO dan HC kembali meningkat. Untuk menghasilkan daya yang maksimum serta emisi gas buang yang ramah lingkungan, maka bahan bakar yang digunakan harus disesuaikan dengan karateristik kendaraan tersebut. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan karakteristik motor akan mengakibatkan daya mesin menurun, emisi gas buang meningkat dan kerusakan disekitar bagian piston akan cepat terjadi. ABSTRACT Sukhaemi, Akhmad. 2015.Effect ofCompositionVariations ofFuel MixturePremiumandPERTAMAX92toPowerandExhaust EmissionsIn theHondaVarioTechno125.Thesis, Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, University of Malang. Advisors:(I) Drs. H.Sumarli, M.Pd., M.T., (II) Dra. Hj. Widiyanti, M.Pd. Keywords: premium, pertamax 92, power, exhaust emissions The development ofmotorcycle technology had beenincreasinglyadvancedto producea betterperformance of the enginewithexhaust emissionsthat were environmentally friendly. These expectationswould be achieved whenconsumersuse fuelpertamax92tosupport theengine's performance, but in factconsumers usepremiumevenmix thattwo fuels, consequentlythe purposeofthe creation ofthe producthad not been reached. The research was conductedwith the aim of : (1) comparingthe effect ofvariations inthe composition of thefuel mixturepremiumwithpertamax92topower, (2) comparingthe effect ofvariations inthe composition of thefuel mixturepremiumwithpertamax92toexhaust emissionsCO, (3) comparingthe effect ofvariations incompositionpremium fuelmixturewithpertamax92toHCexhaust emissions. This research usedexperimentalresearch design. The objectof this researchisHondaVarioTechno125.The data analysiswasone way ANOVA testandpost hoc. The results showedthat the averagepowerand exhaust emissionsof CO andHCgeneratedbythe composition of the0: 4is9639Hpand exhaust gas emissionsby0734% COandHCat78.43ppm. The composition1: 4is9027Hpand exhaust emissionsby1,104% COandHCat108.93ppm. The composition1: 1is8428Hpand exhaust emissionsby1,461% COandHCat139.67ppm. The composition4: 1is7810Hpand exhaust emissionsby1,875% COandHCat175.83ppm. The composition4: 0is7183Hpand exhaust emissionsby2,404% COandHCat206.57ppm. Analysisofthe test resultsshowedthateachvariation offuel compositionhas difference inpower, emissions of COandHCgenerated. The greater thecomposition of pertamax92, thegenerated power is increased andexhaust emissions ofCOandHC is decrease.In themedium-speed,exhaust emissions ofCOandHC is increase. To generate maximum power and exhaust emissions environmentally friendly, the fuel used must be adapted to the characteristics of the vehicle. The use of fuel that does not comply with the characteristics of the motor will result in decreased engine power, increased exhaust emissions and damage to surrounding parts of the piston will rapidly occur.