Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar dan Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Hasil Akademik dan Pembentukan Karakter pada Kompetensi Dasar Sistem Bahan Bakar Bensin di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung
Main Author: | Wigih .; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM
, 2015
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/43633 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Wigih. 2015. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar dan Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Hasil Akademik dan Pembentukan Karakter pada Kompetensi Dasar Sistem Bahan Bakar Bensin di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Amat Nyoto, M.Pd. (II) Drs. H. Paryono, S.T., M.T. Kata kunci: bahan ajar, model pembelajaran kolaboratif, hasil akademik, pembentukan karakter. Proses pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya adalah bahan ajar dan model pembelajaran. Bahan ajar dan model pembelajaran yang dapat digunakan dan diterapkan di SMK terdiri dari beberapa macam dimana penggunaan dan penerapannya harus disesuaikan dengan proses pembelajaran. Penggunaan bahan ajar memiliki peranan penting karena bahan ajar merupakan salah satu dari sumber belajar sedangkan penerapan model pembelajaran juga memiliki peranan yang tidak kalah penting, hal ini dikarenakan dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat menjadikan proses pembelajaran berpusat pada pebelajar (student centered learning). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empirik terkait pengaruh dan interaksi dari penggunaan bahan ajar yang berupa modul dibandingkan dengan handout dan diterapkan dengan model pembelajaran kolaboratif tipe jigsaw dan jigsaw variasi terhadap hasil akademik dan pembentukan karakter pebelajar.Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang dilakukan dengan menggunakan rancangan faktorial 2x2 dengan teknik pengambilan sampel probability sampling yang berupa total sampling. Variabel bebasnya adalah bahan ajar yang terdiri dari modul dan handout serta model pembelajaran kolaboratif yang terdiri dari tipe jigsaw dan jigsaw variasi sedangkan variabel terikatnya adalah hasil akademik dan pembentukan karakter. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara penggunaan bahan ajar dan penerapan model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil akademik dan pembentukan karakter, dimana bahan ajar berupa handout mendapatkan hasil yang lebih baik daripada modul dan model pembelajaran kolaboratif tipe jigsaw mendapatkan hasil yang lebih baik daripada jigsaw variasi. Hasil penelitian juga menunjukan adanya interaksi yang signifikan antara penggunaan bahan ajar dan penerapan model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil akademik dan pembentukan karakter.