Pengembangan Media Pembelajaran Matakuliah Sistem Chasis Berbasis E-learning Menggunakan Edmodo untuk Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Di Universitas Negeri Malang
Main Author: | khusnaini .; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM
, 2015
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/40779 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Khusnaini. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Matakuliah Sistem Chasis Berbasis E-learning Menggunakan Edmodo untuk Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Di Universitas Negeri Malang Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Drs. Marji, M.Kes., (2) Drs. Sumarli, M.Pd., M.T. Kata Kunci: media pembelajaran, sistem chasis, e-learning, edmodo Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar aktif, yang menekankan padapenyediaan sumber belajar. Disisi lain salah satu mata kuliah yang harus dikuasaimahasiswa Prodi Pend. Teknik otomotif adalah sistemChasis (sistem kemudi dan sistem rem) yang wajib ditempuh pada semester 5. Namun, pembelajaran dikelas bersifat konvensional dengan waktu waktu terbatas, sehingga membuat mahasiswa kurang aktif dan termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Akan tetapidengan kemampuan mahasiswa untuk mengaksesinternet merupakan dukunganuntuk memanfaatkan media pembelajaran berbasis e-learning menggunakanedmodo. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah : (1) Untukmenghasilkan model pembelajaran e-learning menggunakan edmodo untukmatakuliah sistem chasis. (2) Untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran elearningmenggunakan edmodo dalam pembelajaran sistem chasis di ProgramStudi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang. Metode penelitian pengembangan yang digunakan mengadopsi daritahapan ADDIE yaitu:analysis, design, development, implementation, danevaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitianpengembangan ini berupa kuisioner yang telah telah divalidasi oleh ahli instrumen.Instrumen kemudian diberikan kepada ahli media, ahli materi, uji kelompok kecildan uji lapangan berupa pre test dan post test terhadap 15 mahasiswa. Jenis datayang diperoleh berupa data kualitatif hasil wawancara pada tahapanalysis dan datakuantitatif untuk menilai kevalidan produk media yang dihasilkan. Hasil validasi angket instrumen menunjukkan skor 100 %, validasi ahlimedia menunjukkan skor 91 %, validasi ahli materi menunjukkan skor 94,5 %, ujicoba kelompok kecil menunjukkan skor 70,4 %, dan hasil pre test dan post testpada uji lapangan mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa sebesar 15,34%. Kesimpulan dari penilaian keseluruhan media pembelajaran yangdikembangkan adalah valid dan layak digunakan. Hasil revisi media ini meliputi:penulisan dalam soal evaluasi serta tata penulisan modul.