PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIAUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR DI KELAS X SMKN 9 CEMOROKANDANG MALANG

Main Author: By Habsi Al Farisi; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2014
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/38388
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Farisi, By Habsi Al. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sistem Pengapian Sepeda Motor di Kelas X SMKN 9 Cemorokandang Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd. (II) Drs. Pryono, S.T, M.T. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Prestasi Belajar, Sistem Pengapian Sepeda Motor Dalam proses belajar-mengajar media pembelajaran mempunyai peranan yang cukup penting yaitu sebagai alat bantu dalam kegiatan pembelajaran bagi guru. Untuk itu guru dituntut harus mempunyai media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam belajar. Karena selama ini proses pembelajaran pada siswa kelas X SMKN 9 Cemorokandang, dimana guru dalam menyampaikan materi masih menggunakan metode konvensional, sehingga siswa tidak dapat memahami semua materi yang diajarkan oleh guru dikarenakan kurangnya guru dalam memanfaatkan metode pembelajaran yang unik. Tujuan penelitian ini adalah untuk pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia dalam meningkatkan prestasi belajar sistem pengapian sepeda motor siswa kelas X SMKN 9 Cemorokandang Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini menggunakan model pengembangan menurut Sadiman, perancangan media pembelajaran melalui: (1) menganalisis kebutuhan; (2) merumuskan tujuan pembelajaran; (3) merumuskan butir-butir materi; (4) menyusun instrument evaluasi; (5) menulis naskah media; (6) produksi produk media pembelajaran; (7) validasi ahli; (8) uji coba produk; (9) revisi; 10) hasil produk. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa validasi materi, diperoleh persentase 68.75% dan tanggapan yang diberikan ahli media pada instrumen angket cukup layak, tetapi ada bagian yang perlu direvisi atas produknya.Dari ahli materi, dengan persentase kevalidannya mencapai 83.33% dan tanggapan yang diberikan ahli media pada instrumen angket kemudian ditindak lanjuti pada bagian revisi produk. Artinya bahwa media pembelajaran berbasis multimedia tersebut valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar. Dari siswa/audiens perseorangan, dengan hasil 91.98%, Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan prestasi belajar sistem pengapian sepeda motor valid/layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.