PENGARUH PEMBERIAN BALIKAN EKSPOSITORIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF (TDO) TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS X DI SMK NEGERI 10 MALANG
Main Author: | Mario Irianto; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM
, 2014
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/37339 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Irianto,Mario. 2014. Pengaruh Pemberian Balikan Ekspositorik Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik dasar Otomotif (TDO) jurusan Teknik Kendaraan Ringan Kelas X SMK Negeri 10 Malang. Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd, (II) Drs. Partono, M.Pd. Kata Kunci: Balikan (Feedback) Ekspositorik, Hasil Belajar, Teknik Dasar Otomotif (TDO). Pada awal studi observasi di SMK N 10 Malang, mata pelajaran teknik dasar otomotif disampaikan dengan menggunakan metode ceramah dan metode remedial. Sedangkan mata pelajaran teknik dasar otomotif sendiri diperlukan pemahaman serta daya ingat siswa. Metode pembelajaran ceramah dan remedial sendiri memiliki kelemahan yang sering dialami oleh siswa yaitu siswa dapat merasakan kejenuhan di dalam proses penyampaian materi yang diberikan oleh guru dan siswa kesulitan di dalam pengerjaan tugas-tugas yang diberikan. Dalam upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut seorang guru diharapkan mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran yang merangsang siswa untuk turut aktif dalam proses pembelajaran.salah satu metode pembelajaran yang bisa dijadikan alternatif adalah perlakuan pemberian balikan ekspositorik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa yang diberi balikan(Feedback) Ekspositorik Kelas X SMKN 10 Malang pada mata pelajaran TDO (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang tanpa diberi balikan (Feedback) Ekspositorik Kelas X SMKN 10 malang pada mata pelajaran TDO (3) Untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar siswa antara yang diberi balikan (feedback) Ekspositorik dan yang tidak diberi balikan (Feedback) Ekspositorik siswa kelas X SMKN 10 malang pada mata pelajaran TDO. Rancangan penelitian yang di gunakan dalam penelitian adalah penelitian ( quasi experimental design) yang melibatkan 2 kelas sebagai subjek. Kelas TKR 3 sebagai subjek 1 yang di beri pemberian balikan dan kelas TKR 4 sebagai subjek 2 yang tidak di beri balikan. Penentuan kelas sebagai subjek dilakukan secara purposive sampling yaitu dengan langsung menunjuk kelas yang akan di jadikan subjek dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen sebesar 88,43. Nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 79,87. Hasil uji t menunjukkan bahwa (Sig) < 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan p < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar Siswa kelas X di SMKN 10 Malang yang diberi pemberian balikan (Feedback) ekspositorik dengan yang tidak di beri pemberian balikan pada mata pelajaran (TDO). Dari deskripsi umum hasil penelitian, pengujian hipotesis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa terdapat perbedaan antara hasil belajar antara yang diberi pemberian balikan (Feedback) ekspositorik dengan yang tidak di beri pemberian balikan pada mata pelajaran (TDO) Siswa kelas X di SMKN 10 Malang.