Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8.0 Pada kompetensi Dasar Mengidentifikasi Kelistrikan Dan Instrumen Sepeda Motor Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Otomotif Sepeda Motor di SMK Negeri 9 Malang

Main Author: Aries Prastowo; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2014
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/33221
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi pada kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan semester genap tahun ajaran 2012/2013 dan hasil observasi melalui angket pada siswa kelas XI jurusan Teknik Otomotif Sepeda Motor di SMK Negeri 9 Malang. Dibutuhkan media pembelajaran kelistrikan dan instrumen sepeda motor yang dapat membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar dan dapat meningkatkan daya tarik belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8.0 yang menarik serta untuk mengetahui kelayakan dari produk media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8.0. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan mengadopsi dari tahapan ADDIE yaitu: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa kuisioner yang sudah divalidasi oleh dosen, selanjutnya diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan uji coba kelompok kecil berupa hasil tanggapan media pembelajaran terhadap 20 siswa. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif untuk meniliai kemenarikan maupun kevalidan produk media yang dihasilkan dan data kualitatif yaitu hasil saran dan tanggapan dari para validator secara lisan oleh pengembang sebagai bahan untuk revisi produk. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini diperoleh data hasil validasi angket dan data hasil validasi produk media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8.0. Data hasil validasi angket oleh dosen memperoleh persentase 75% yang termasuk kriteria valid. Hal ini berarti bahwa angket sudah layak untuk digunakan sebagai instrument validasi produk yang dikembangkan oleh pengembang. Data hasil validasi media oleh ahli media menunjukkan bahwa media ini memperoleh persentase 87,2% yang termasuk kriteria valid yang berarti media layak untuk digunakan, data hasil validasi materi oleh ahli materi menunjukkan bahwa media ini memperoleh persentase 84,8% yang termasuk kriteria valid yang berarti materi yang digunakan didalam media pembelajaran sudah sesuai dan layak untuk digunakan, data hasil validasi pengguna oleh Guru program studi memperoleh presentase sebesar 76,2% yang termasuk kriteria valid yang berarti media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8.0 layak untuk digunakan. Sedangkan hasil validasi uji coba kelompok kecil oleh siswa kelas XI TOSM 2 menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memperoleh presentase 88,1% yang berarti siswa sangat tertarik dengan adanya kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8.0. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa media yang telah dikembangkan pada penelitian pengembangan ini dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Beberapa saran pengembangan produk media pembelajaran berbasis Macromedia flash 8.0 pada kompetensi dasar mengidentifikasi sistem kelistrikan dan instrument sepeda motor ini meliputi: (1) dibutuhkan modul cetak atau petunjuk penggunaan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8.0, (2) aspek pembelajaran pada media pembelajaran berbasis macromedia flash 8.0 dibutuhkan tampilan berupa motivasi pada awal dan akhir dari kegiatan pembelajaran, (3) aspek isi soal tes evaluasi pada media pembelajaran berbasis macromedia flash 8.0 dibutuhkan tampilan soal berupa perhitungan secara matematis, (4) aspek isi soal tes evaluasi pada media pembelajaran dibutuhkan tampilan berupa soal yang memiliki tampilan dari hasil jawaban, (5) aspek media pada media pembelajaran berbasis macromedia flash 8.0 dibutuhkan tampilan kesesuaian kedipan lampu sein dengan efek suara.