Hubungan pengelolaan pembelajaran, media pembelajaran dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah peralatan otomotif di Jurusan Teknik Mesin UM angkatan 2005-2006
Main Author: | Iwan Wahyudi; 2007 |
---|---|
Format: | PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/3214 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/download/3214/2234 |
Daftar Isi:
- iiiABSTRAKWahyudi, Iwan. 2007. Hubungan pengelolaan pembelajaran, media pembelajaran danmotivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah peralatan otomotif di JurusanTeknik Mesin UM angkatan 2005-2006. Skripsi, Jurusan Teknik MesinFakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. Partono.M.Pd., (2). Prof. Dr. Amat Mukadis M.Pd.Kata kunci : Motivasi belajar, pengelolaan Pembelajaran, dan Media pembelajaran.Motivasi belajar merupakan salah satu syarat penting bagi keberhasilan syaratbelajar (Munandir,1996). Dalam belajar, Motivasi memegang peranan yang sangatpenting karena menumbuhkan gairah, rasa senang, dan semangat untuk belajar. Agarpembelajaran itu menghasilkan sesuatu sebagai mana yang diharapakan, maka baikmahasiswa maupun dosen perlu memiliki sikap dan kemampuan yang mendukungpengelolaan pembelajaran itu. Umar Hamalik (1999:13) mengemukakan bahwa mediaadalah sebagai alat bantu belajar siswa, yang dapat memberikan pengalaman yangbermakna bagi siswa. Matakuliah peralatan otomotif merupakan matakuliah yang didalamnya memuat atau membahas alat-alat yang biasa dipakai di Bengkel, denganharapan para calon mekanik atau instruktur dapat mengerti benar penggunaan dan fungsidari alat-alat tersebut.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan motivasi belajar Mahasiswa padamatakuliah peralatan otomotif di Jurusan PTM FT UM, mendeskripsikan mediaPembelajaran Mahasiswa pada matakuliah peralatan otomotif di Jurusan PTM FT UM,mendeskripsikan Pengelolaan pembelajaran Mahasiswa pada matakuliah peralatanotomotif di Jurusan PTM FT UM, menguji signifikasi hubungan antara pengelolaanpembelajaran dan motivasi belajar Mahasiswa pada matakuliah peralatan otomotif diJurusan PTM FT UM, menguji signifikasi hubungan antara media pembelajaran danmotivasi belajar Mahasiswa pada matakuliah peralatan otomotif di Jurusan PTM FT UM,menguji signifikasi hubungan antara pengelolaan pembelajaran, media pembelajaran danmotivasi belajar Mahasiswa pada matakuliah peralatan otomotif di Jurusan PTM FT UM.Metode penelitian ini menggunakan teknik pengempulan data yang dilakukandengan penyebaran angket kepada responden, serta dengan observasi partisipasi. Sampelyang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel kecil, maka untuk pengambilandatanya diambil semuanya dari responden yang ada di dalam sampel, sedangkan analisisdata yang digunakan adalah tabulasi data, teknik korelasi product momen dan analisiskendall's. Sebelum dilakukan pengumpulan data penelitian instrument diuji cobakanterlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Validitas dan reliabilitasinstrument ini menggunakan program SPSS 12.0 for windows untuk pengelolaanpembelajaran reliabilitasnya sebesar 0,9670, media reabilitasnya sebesar 0.9638 danuntuk motivasinya reliabilitasnya sebesar 0.9636.Hasil penelitian menunjukkan kondisi motivasi belajar pada kualifikasi tinggi65.17%, media pembelajaran pada kualifikasi tinggi 72.41%, dan pengelolaanpembelajaran pada kualifikasi tinggi 89.65%. Berdasarkan hasil hipotesis penelitiandidapat nilai probilitas di bawah 0.05 yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima hal iniberarti ada hubungan yang signifikan antara pengelolaan pembelajaran, mediapembelajaran dan motivasi belajar.