Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas 2MO1 pada Pembelajaran Sistem Bahan Bakar Motor Bensin di SMK Nasional Mojosari Kabupaten Mojokerto

Main Author: Saifuddin Zulkifli; 2007
Format: PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/3102
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/download/3102/1866
Daftar Isi:
  • ABSTRAKZulkifli, Saifuddin. 2007. Penggunaan Media Audio Visual untuk MeningkatkanMotivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas 2MO1 pada PembelajaranSistem Bahan Bakar Motor Bensin di SMK Nasional Mojosari KabupatenMojokerto. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Mardi Wiyono, M.Pd.,(II) Drs. H. Yoto, S.T., M.Pd., M.MKata kunci: media audio visual, motivasi, prestasi.Dampak yang ditimbulkan dari masuknya teknologi pendidikan khususnyateknologi pembelajaran dalam dunia pendidikan adalah mampu mengatasipermasalahan yang ada. Dengan adanya teknologi pendidikan tersebut khususnyateknologi pembelajaran diharapkan mampu membantu peran guru dalammengefektifkan pembelajaran di dalam kelas. Untuk mengatasi masalah tersebutdibutuhkan media pembelajaran sebagai perantara penyampaian pesan/materi dandikembangkan serta didayagunakan seoptimal mungkin.Upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata diklat mesinotomotif terus dilakukan agar semakin efektif dalam mencapai prestasi belajar.Pembelajaran mata diklat mesin otomotif khususnya pada kompetensiPerawatan/service sistem bahan bakar bensin masih memerlukan pendekatan barudalam era pembelajaran khususnya media pembelajaran baru. Dengan pendekatanbaru tersebut akan dapat menumbuhkan motivasi internal siswa sehingga prestasibelajar yang dicapai juga optimal. Tetapi dalam realitanya pembelajaran matadiklat mesin otomotif selama ini masih belum sesuai dengan harapan tersebut.Hasil observasi di SMK Nasional Mojosari menunjukkan bahwa pembelajaranpada mata diklat mesin otomotif untuk kompetensi Perawatan/service sistembahan bakar bensin masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi,dan demonstrasi sehingga siswa kurang termotivasi dan prestasi belajar yangdicapai belum optimal akibatnya kompetensi siswa juga rendah. Penerapan mediapembelajaran audio visual diharapkan menjadi variasi baru dalam pemilihanmedia pembelajaran agar siswa tertarik dan aktif dalam belajar sehingga dapatmeningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yangdilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2006/2007 pada tanggal 29Nopember 2007 dan 6 Desember 2007 dengan dua siklus pembelajaran. Tujuandari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penggunaan media audiovisual terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas 2MO1 diSMK Nasional Mojosari untuk mata diklat mesin otomotif pada kompetensiPerawatan/service sistem bahan bakar bensinHasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visualyaitu Compact Disc Toyota Motor Corporation untuk pembelajaran materi sistembahan bakar motor bensin dapat meningkatkan motivasi belajar siswa setelahtindakan diperoleh dari hasil angket menunjukkan bahwa motivasi belajar siswasangat tinggi 2,5%, tinggi 82,5%, dan sedang 15% dengan kategori nilai rata-ratatinggi yaitu 53,05. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan prestasi belajarsiswa. Test prestasi belajar siswa diperoleh dari nilai rata-rata sebelum tindakan(pretest) pada siklus I sebesar 6,875 dan setelah tindakan yaitu (posttest I) padasiklus I sebesar 90.00 dan (posttest II) pada siklus II sebesar 92.00.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan mediapembelajaran audio visual dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswakelas 2MO1 jurusan mekanika mesin otomotif di SMK Nasional MojosariKabupaten Mojokerto. Oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkanCompact Disc Toyota Motor Corporation sebagai media pembelajaran.