Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang

Main Author: Roh Adi Ilhami; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2013
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/30703
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ilhami, Roh Adi. 2013. Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Anny Martiningsih, M.Kes (II) Drs. Syamsul Kata kunci: Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar, SMK SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang merupakan salah satu sekolah kejuruan di Kabupaten Lumajang yang tergolong baru berdiri. Selain itu jurusan Teknik Kendaraan Ringan merupakan jurusan baru yang belum memiliki akreditasi dan untuk tenaga pengajar pada jurusan tersebut kualifikasi/lulusan terakhir adalah lulusan dari pendidikan teknik mesin. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. mengetahui nilai rata-rata prestasi belajar mata pelajaran produktif; 2. mengetahui pelaksanaan profesionalisme guru; dan 3. Mendapatkan hasil penelitian yang empirik dari profesionalisme guru terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis format penelitian eksplanasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 78 siswa dengan sampel sebanyak 68 siswa yang digunakan dalam penelitian. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini angket dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata prestasi hasil belajar mata pelajaran produktif pada klasifikasi amat baik (100–91), kurang (59–40), dan kurang sekali (