Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Matakuliah Elektronika Dasar Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Main Author: Agus Suyetno; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2013
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/25213
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Suyetno, Agus. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Matakuliah Elektronika Dasar Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Imam Sudjono, M.T. (II) Drs. Yuni Sunarto. Kata Kunci: Learning Media, Interactive Multimedia, Basic Elektronics Courses Elektronika dasar merupakan salah satu matakuliah inti yang ada pada Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri malang dengan kode matakuliah PME418, memiliki bobot 2 sks 2 js. Matakuliah ini menjadi wajib untuk ditempuh mahasiswa teknik mesin karena erat hubungannya dengan konstruksi mesin moderen yang hampir tidak bisa lepas dari komponen elektronik. metode pembelajaran elektronika dasar di Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang saat ini lebih banyak dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan, dan praktikum. metode ini cukup efektif, tetapi belum cukup apabila menginginkan pembelajaran yang menuntut mahasiswa untuk lebih aktif dan mandiri. Proses pembelajaran juga tidak dapat dipersingkat untuk menghemat waktu, hal ini dikarenakan pengajar harus selalu memberikan petunjuk-petunjuk untuk mahasiswanya. Tentu saja hal ini sangat kurang efektif dalam penguasaan matakuliah elektronika dasar, oleh karena itu penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menjadi penting untuk digunakan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi hambatan dalam proses pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini menggunakan pengembangan dari model pengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall dalam Sukmadinata (2007:168). Alasan pengembangan model pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall dalam sukmadinata ini adalah sebagai berikut: (1) memiliki tahapan yang rasional dalam pengembangan media pembelajaran; (2) dalam model ini terdapat revisis pada tiap tahap setelah uji coba, sehingga media yang dikembangkan akan menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil analisis data dari hasil validasi dan uji coba yng dilakukan, didapat persentase validasi ahli media sebesar 93,75%, hasil ahli materi sebesar 75,86% dan hasil ujicoba kelompok kecil sebesar 83,42%, sehingga media sudah dinyatakan sangat valid. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini sangat menarik dan mudah digunakan baik dari segi materi ataupun pengoperasian program. Media yang telah direvisi, selanjutnya disimpan dalam bentuk DVD sehingga mudah dalam menyimpan dan menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif elektronika dasar. Di dalam software ini berisi materi pembelajaran elektronika dasar, dilengkapi dengan video penunjang dan software Circuit Wizard sebagai sarana praktikum secara digital.