Hubungan Gaya Belajar Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Diklat Servis Sepeda Motor Siswa Kelas X Di SMK Muhammadiyah I Kepanjen

Main Author: saparhadi saparhadi
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM , 2013
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/24271
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Saparhadi. 2012. Hubungan Gaya Belajar Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Diklat Servis Sepeda Motor Siswa Kelas X Di SMK Muhammadiyah I Kepanjen. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Syarif Suhartadi, M.pd, Pembimbing (2) Drs. Paryono, S.T., M.T Kata Kunci: gaya belajar, minat belajar, prestasi belajar Prestasi belajar sampai saat ini menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajar. Prestasi belajar yang baik dapat mencerminkan gaya belajar yang baik, karena dengan mengetahui dan memahami gaya belajar yang terbaik bagi dirinya akan membantu siswa dalam belajar sehingga prestasi yang dihasilkan akan maksimal. Di samping gaya belajar, minat belajar juga mempunyai peranan penting terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar mata diklat servis sepeda motor siswa kelas X di SMK Muhammadiyah I Kepanjen baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Kepanjen dengan jumlah total 278 siswa, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 42 siswa. Data diperoleh dengan menyebarkan angket dan dokumentasi berupa nilai akhir kompetensi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah I Kepanjen. 2) ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah I Kepanjen. Dan 3) ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar mata diklat servis sepeda motor siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar (a) guru sebagai pendidik seharusnya menambah ilmu pengetahuannya dan mengetahui gaya belajar masing-masing siswa, (b) siswa khususnya siswa di SMK Muhammadiyah I Kepanjen agar lebih mengetahui gaya belajar yang terbaik bagi dirinya, meningkatkan minat belajarnya secara optimal sehingga prestasi belajarnya dapat maksimal, (c) untuk pihak sekolah hendaknya melengkapi sarana dan prasarana dan dikelola dengan sebaik- baiknya.