Persepsi siswa tentang kompetensi guru SMK Canda Bhirawa Pare Kabupaten Kediri
Main Author: | Anton Fatoni |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM
, 2013
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/24169 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Fatoni, Anton. 2013. Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru SMK CandaBhirawa Pare Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, ProgramStudi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Drs. H. Yoto, S.T,. M.Pd. MM. (II) Drs. H. Wakidi kata Kunci : kompetensi guru, persepsi siswa Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan,yang harus mendapat perhatian sentral, pertama, dan utama. Guru juga sangatmenentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan prosesbelajar-mengajar. Selain itu guru merupakan komponen yang paling berpengaruhterhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Seorang guruprofesional harus memiliki 4 kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensiprofesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Jika seorangguru tidak memiliki kompetensi yang ada maka akan mempengaruhi persepsisiswa terhadapnya, sehingga berdampak pada minat dan motivasi untuk mengikutikegiatan belajar-mengajar dengan baik dan akhirnya kualitas pendidikan akanmenurun.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompe -tensi guru SMK Canda Bhirawa Pare Kabupaten Kediri. Kompetensi tersebutmeliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Penelitianini dilakukan pada kelas XII teknik pemesinan dan XII teknik kendaraan ringan.Metode pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Populasipada penelitian ini adalah siswa XII teknik pemesinan dan XII teknikkendaraan ringan SMK Canda Bhirawa Pare Kabupaten Kediri yang berjumlah323 dan sampel yang digunakan sebanyak 85 siswa. Teknik pengambilan datamenggunakan kuesioner. Teknik analisis data berupa statistik deskriptif yangmeliputi analisis frekuensi, persentase, mean, dan grafik.Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh lima simpulan hasilpenelitian sebagai berikut. Pertama, persepsi siswa tentang kompetensi pedagogikguru 56,47% siswa menyatakan dalam kategori baik. Kedua persepsi siswatentang kompetensi kepribadian guru 47,06% siswa menyatakan dalam kategoribaik. Ketiga, persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru 56,47% siswamenyatakan dalam kategori baik. Keempat, persepsi siswa tentang kompetensisosial guru 51,76% siswa menyatakan dalam kategori baik. Kelima, persepsisiswa tentang kompetensi guru 51,76% menyatakan dalam kategori baik.Berdasarkan hasil tersebut dapat disarankan bagi guru untuk mempertahankankompetensi guru yang sudah dimiliki. Bagi kepala sekolah mengontrol danmengkoordinasi bawahannya agar selalu menjaga kompetensinya, danmemberikan motivasi untuk meningkatkan kompetensinya yang meliputikompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dankompetensi sosial. Bagi siswa untuk menjaga persepsi yang positif terhadapkompetensi gurunya. Bagi peneliti lain disarankan untuk menambah variabel danindikator yang belum diungkap dalam penelitian ini.