PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FREE WEB BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PERBAIKAN SISTEM STARTER DAN PENGISIAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TRENGGALEK
Main Author: | Hendri Kuncahyono; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM
, 2012
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/22228 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kuncahyono, Hendri. 2012. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Free Web Blog Terhadap Hasil Belajar Sistem Starter Dan Pengisian Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Trenggalek, Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd., Drs. H. Agus Sholah, M.Pd., Kata kunci: media pembelajaran, free web blog, hasil belajar memperbaiki komponen sistem starter dan pengisian. Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan penggunan media pembelajaran free web blog dengan pembelajaran tanpa menggunakan media free web blog pada mata diklat Perbaikan Sistem Starter dan Pengisian. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design yang bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang lebih unggul dalam mempengaruhi pencapaian hasil belajar. Data hasil belajar diperoleh melalui tes akhir berupa tes objektif pilahan ganda dan tes unjuk kerja yang diberikan kepada subjek penelitian. Uji beda akan digunakan untuk menjawab hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh dalam pencapaian hasil belajar atas penggunaan media pembelajaran free web blog dengan pembelajaran tanpa free web blog. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan yaitu 79,81, sedangkan rata-rata prestasi belajar kelompok kontrol setelah diberi perlakuan yaitu 73,08. Prosentase kelompok eksperimen siswa yang mendapat nilai dalam kategori baik sekali adalah 3,12 %. Siswa mendapat nilai kategori baik 50 %. Siswa mendapat nilai kategori cukup 34,37 % dan siswa mendapat nilai kategori kurang adalah 2,20 %. Prosentase kelompok kontrol siswa yang mendapat nilai dalam kategori baik sekali adalah 0 %. Siswa mendapat nilai kategori baik 10%. Siswa mendapat nilai kategori cukup 60 % dan siswa mendapat nilai kategori kurang 30%. Dari tes hasil belajar tersebut dapat dilihat bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran free web blog lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar tanpa menggunakan media pembelajaran free web blog karena adanya perbedaan perlakuan pembelajaran antara siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: 1) guru dapat menjadikan media pembelajaran free web blog sebagai salah satu media alternatif untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa, 2) siswa hendaknya dapat belajar secara mandiri melalui media blog ini sebagai alternatif pemecahan masalah dalam proses pembelajaran, 3) bagi pihak sekolah sekiranya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam peningkatan kwalitas jaringan internet di area sekolah demi mempermudah siswa dalam meningkatkan pengetahuan dari internet.