Pengaruh Pendinginan Udara Masuk dan Variasi Putaran Mesin Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Mesin Diesel Berbahan Bakar Biodiesel (Minyak Jarak-Solar)
Main Author: | Yuda Prasetia |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TM/article/view/1660 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPrasetia, Yuda. 2009. Pengaruh Pendinginan Udara Masuk dan Variasi PutaranMesin Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Mesin Diesel Berbahan BakarBiodiesel (Minyak Jarak-Solar). Skripsi, Program S-1 Jurusan TeknikMesin Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Sukarni, S.T., M.T, dan (II) Drs. Partono,M.Pd.Kata kunci: pendinginan udara masuk, variasi putaran, konsumsi bahan bakarMengingat jumlah pasokan dan cadangan minyak bumi di Indonesia padakhususnya dan di dunia pada umumnya semakin berkurang dan disertai olehkenaikan harga minyak mentah dunia yang meningkat tajam maka banyakmasyarakat yang mencari solusi sumber energi alternatif dalam penekananpenggunaan minyak. Dimana salah satu cara untuk penekanan yaitu penggantianbahan bakar solar dengan biodiesel. Selain ditemukannya berbagai sumber energialternatif, belakangan ini juga ditemukan penggunaan pendinginan udara masukdapat meningkatkan performansi dan efisiensi motor bakar diesel. Perubahan suhuudara masuk ruang bakar akan berpengaruh terhadap kerapatan udara, sehinggaakan mempengaruhi efisiensi volumetrik yang masuk ke ruang bakar. Tingkatkesempurnaan pembakaran merupakan salah satu hal yang dapat memperbaikiunjuk kerja mesin.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhpendinginan udara masuk dan variasi putaran mesin terhadap konsumsi bahanbakar mesin diesel berbahan bakar biodiesel (minyak jarak-solar). Objekpenelitian yang dipakai dalam penelitian adalah Mesin diesel empat langkah jenisNissan, dengan dipasang pendingin udara masuk (dry ice) pada putaran mesin1400 rpm, 1700 rpm, 2000 rpm, 2300 rpm, 2600 rpm dan 2900 rpm sertamenggunakan bahan bakar campuran solar dan minyak jarak 20 %. Penelitian inidilakukan di Laboratorium Motor Bakar Universitas Brawijaya Malang. Jenispenelitian ini termasuk dalam kategori penelitian eksperimental dengan desainfaktorial 6 x 2. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analis varian duajalur untuk menguji hipotesis yang diajukan.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaanpendinginan udara masuk, variasi putaran mesin dan interaksi antara pendinginanudara masuk dan putaran mesin terhadap konsumsi bahan bakar mesin diesel.Pada mesin yang menggunakan pendinginan maupun tidak menggunakanpendinginan udara masuk, konsumsi bahan bakar tertinggi ketika mesin padaputaran 2600 rpm dan konsumsi bahan bakar terendah terjadi pada saat mesinpada putaran 2900 rpm. Saran yang dapat dikemukakan yaitu melakukanpenelitian lebih lanjut tentang pendinginan udara masuk terhadap konsumsi bahanbakar mesin diesel pada berbagai variasi suhu serta perlu dilakukan penelitiantentang pendingin yang lebih sesuai dan praktis digunakan untuk pendinginanudara masuk.