KINERJA GURU KEJURUAN YANG TELAH BERSERTIFIKAT PENDIDIK

Main Author: Didik Harianto; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TS/article/view/2564
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hariyanto, Didik. 2009. Kinerja Guru Kejuruan Yang Telah Bersertifikat Pendidik. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Haris Anwar Syafrudie, (II) Drs. Heru Muryanto. Kata Kunci: Kinerja Guru Kejuruan, Bersertifikat Pendidik Faktor dominan dalam pendidikan adalah guru, guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan yang berperan menentukan kualitas dan mutu siswa. Guru yang efektif adalah guru yang mampu membawa siswanya dengan berhasil mencapai tujuan pengajaran. Oleh karena itu sangatlah diperlukan kinerja guru yang profesional dan bermutu tinggi. Upaya yang dilakukan Pemerintah salah satunya adalah dengan memberlakukan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, mewajibkan guru untuk memiliki kualifikasi akademik, menguasai kompetensi, dan memiliki sertifikat pendidik. Penelitian ini dilakukan pada guru yang telah bersertifikat pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang telah bersertifikat pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-kota Malang. Diambil sebanyak 15% dari jumlah guru pada masing-masing sekolah untuk dijadikan sampel, dan diperoleh sebanyak 55 guru sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional sampel. Metode pengumpulan data yang dipergunakan untuk mencari dan mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja guru kejuruan dalam penyusunan program pembelajaran dengan nilai mean 5,96 yang berada pada rentangan 3-7 dengan kriteria baik, pelaksanaan program pembelajaran dengan nilai mean 10,07 yang berada pada rentangan 7,5-10 dengan kriteria baik, pelaksanaan evaluasi dengan nilai mean 2,58 yang berada pada rentangan 2-3 dengan kriteria baik, analisis hasil evaluasi dengan nilai mean 3,40 yang berada pada rentangan 2-4 dengan kriteria baik, dan pelaksanaan perbaikan dan pengayaan dengan nilai mean 3,49 yang berada pada rentangan 2,5-4 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di kota Malang juga telah dilakukan dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-kota Malang untuk lebih mempertahankan atau bahkan meningkatkan semangat kerja yang sudah baik menjadi lebih baik lagi dikemudian hari serta dapat mempertahankan dan menjaga citranya sebagai pendidik terutama yang terkait dengan kedisiplinan, kerapian, loyalitas, kerjasama dan semangat dalam membimbing siswa-siswinya.