HUBUNGAN NEM MATA PELAJARAN IPA DAN MATEMATIKA SMP DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATADIKLAT STATIKA BANGUNAN PROGRAM KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN SMK CANDA BHIRAWA PARE

Main Author: Dedy Khurniawan; Mahasiswa UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM , 2012
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TS/article/view/19786
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Khurniawan, Dedy. 2012. Hubungan NEM Mata Pelajaran IPA dan Matematika SMP dengan Prestasi Belajar Siswa pada Matadiklat Statika Bangunan Program Keahlian Gambar Bangunan SMK Canda Bhirawa Pare. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd. (II) Drs. Priyono, M.Pd. Kata Kunci : NEM, prestasi belajar Pandangan siswa terhadap matadiklat statika bangunan sebagai matadiklat paling sulit masih banyak didapatkan, hal tersebut mengakibatkan prestasi belajar matadiklat statika bangunan yang belum bisa dikatakan baik. Peneliti akan menghubungkan masalah tersebut dengan mata pelajaran yang bersifat menghitung sewaktu di SMP/MTs yaitu IPA dan matematika, dimana kedua mata pelajaran tersebut merupakan mata pelajaran yang didalamnya terdapat pembahasan mengenai masalah perhitungan. Dengan anggapan siswa yang menguasai mata pelajaran IPA dan matematika dengan baik diharapkan mampu juga untuk mengusai matadiklat statika bangunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan antara NEM pelajaran IPA SMP dengan prestasi belajar siswa pada matadiklat statika bangunan program keahlian Gambar Bangunan, (2) hubungan antara NEM pelajaran matematika SMP dengan prestasi belajar siswa pada matadiklat statika bangunan program keahlian Gambar Bangunan, dan (3) hubungan NEM mata pelajaran IPA dan matematika SMP dengan prestasi belajar siswa pada matadiklat statika bangunan program keahlian Gambar Bangunan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional yang terdiri dari tiga variabel, yaitu NEM mata pelajaran IPA dan matematika SMP variabel bebas, sedangkan prestasi belajar matadiklat statika bangunan sebagai variabel terikat. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment dan kolerasi berganda dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 17 for Windows. Dalam hal ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas X program keahlian Gambar Bangunan SMK Canda Bhirawa Pare yang berjumlah 2 kelas dengan siswa sebanyak 70 orang. Sampel yang diambil sebanyak jumlah populasi, yaitu sebanyak 70 siswa. Hasil penelitian: (1) tidak ada hubungan antara NEM mata pelajaran IPA SMP dengan prestasi belajar siswa pada matadiklat statika bangunan dengan nilai signifikansi p (0,191), (2) tidak ada hubungan antara NEM mata pelajaran matematika SMP dengan prestasi belajar siswa pada matadiklat statika bangunan dengan nilai signifikansi p (0,782), dan (3) tidak ada hubungan NEM mata pelajaran IPA dan matematika SMP dengan prestasi belajar siswa pada matadiklat statika bangunan dengan nilai signifikansi F (0,424) > α (0, 05). Implikasi dari hasil penelitian ini, bahwa dalam menyeleksi penerimaan siswa baru SMK tidak menggunakan nilai NEM semata, tetapi bisa menggunakan nilai lain seperti: nilai rapor waktu SMP, melakukan interview, dan mengadakan tes terlebih dahulu, bisa berupa tes bakat ataupun minat.