Hubungan Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPL dengan Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tahun Pelajaran 2011/2012 di SMK Kota Malang
Main Author: | Deny Wijanarko; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM
, 2012
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TS/article/view/19433 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Wijanarko, Deny. 2012. Hubungan Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPL dengan Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tahun Pelajaran 2011/2012 di SMK Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mujiyono, M.Pd. (II) Dra. Sri Agrariani Judowati, M.Pd. Kata kunci: kemampuan mengajar,mahasiswa PPL, prestasi belajar siswa Dalam kegiatan belajar banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, diantaranya kemampuan mengajar mahasiswa PPL yang berdampak pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan mengajar mahasiswa PPL di SMK Kota Malang, (2) prestasi belajar siswa yang diajar mahasiswa PPL di SMK Kota Malang, serta (3) hubungan kemampuan mengajar mahasiswa PPL dengan prestasi belajar siswa program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan data yang diperoleh dari menyebarkan angket/kuisoner yang menggunakan skala likert dan menggunakan data dokumentasi. Populasi penelitian adalah siswa program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa kelas X TGB di SMK Kota Malang. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi berganda dengan bantuan SPSS 17.00 For Windows dan dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) kemampuan mengajar mahasiswa PPL tahun pelajaran 2011/2012 di SMK Kota Malang secara umum berkualifikasi baik, (2) prestasi belajar siswa tahun pelajaran 2011/2012 di SMK Kota Malang secara umum berkualifikasi baik, (3) terdapat hubungan kemampuan mengajar mahasiswa PPL dengan prestasi belajar siswa program keahlian Teknik Gambar Bangunan tahun pelajaran 2011/2012 di SMK Kota Malang Adapun saran yang dapat diberikan diantaranya: (1) mahasiswa PPL hendaknya selalu meningkatkan kemampuan mengajar melaluli pembekalan microteaching karena nantinya dalam pelaksanaan rill teaching akan berdampak terhadap prestasi belajar siswa, (2) kepada siswa diharapkan untuk selalu meningkatkan prestasi belajar siswa, karena masih terdapat siswa yang nilainya masih dibawah KKM, (3) bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menambah variable yang akan diteliti karena masih banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.