PENERAPAN METODE TARI BAMBU (BAMBOO DANCING) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MENULIS BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 MALANG
Main Author: | Linggar Ambar Pramesti; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Mandarin/article/view/76819 |
Daftar Isi:
- RINGKASAN Pramesti, Linggar Ambar. 2018. Penerapan Metode Tari Bambu (Bamboo Dancing) untuk Melatih Keterampilan Menulis Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Sastra Jerman, FakultasSastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Dr. Rosyidah, M.Pd. Kata Kunci:tari bambu (bamboo dancing), keterampilan menulis, bahasa Mandarin Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan metode tari bambu (bamboo dancing) untuk melatih keterampilan menulis bahasa Mandarin pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang dan (2) untuk mendeskripsikan hasil tulisan siswa setelah dilatih menulis menggunakan metode tari bambu (bamboo dancing). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, berupa aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan metode tari bambu (bamboo dancing)dan hasil tulisan siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode tari bambu (bamboo dancing), siswa menjadi lebih aktif dan semangat dalam menulis. Selain itu, hasil tulisan siswa menunjukkan bahwa siswa dapat membuat karanganberbahasa Mandarin dengan baik. Siswa dapat menyusun paragraf yang padu dan runtut serta sesuai ketentuan. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan siswa, yaitu pada penggunaan gramatika, tanda baca, dan penulisan汉字“hànzì”. Hal tersebut membuat hasil tulisan siswa menjadi kurang maksimal. Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa metode tari bambu (bamboo dancing) dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis bahasa Mandarin. Metode ini dapat membantu siswa dalam mengumpulkan ide dan informasi yang digunakan sebagai bahan utama dalam menulis. Selain itu, siswa juga menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Mandarin. SUMMARY Pramesti, Linggar Ambar. 2018. The Application of Bamboo Dancing Method to Practise Chinese Writing Skill of Grade XI Students of SMAN 6 Malang. Thesis, Study Program of Mandarin Education, Department of German, Faculty of Letters, State University of Malang. Advisor: Dr. Rosyidah, M.Pd. Key Words:bamboo dancing, writing skill, chinese The purposes of this study were: (1) to describe the application of bamboo dancing method to practise Chinese writing skill of grade XI students of SMAN 6 Malang and (2) to describe the results of the students’ writing after practicing writing using bamboo dancing method. This study used descriptive qualitative research method. The data in this study were obtained from the observation results the students’ activities in learning writing using bamboo dancing method and the students’ writing results. The subject of this study were the students of XI SMAN 6 Malang, totaling 18 people. The results of this study indicated that by applying bamboo dancing method, the students became more active and enthusiastic in writing. In addition, students’ writing results indicated that the students could write Mandarin essays well. The students could write a solid and coherent paragraph in accordance with the criteria. Nevertheless, there were still some mistakes made by the students, namely in the use of grammar, punctuation, and writing 汉字“hànzì”. Thus, it made the students’ writing results less maximum. Based on the results of this study, it can be concluded that the bamboo dancing method can be applied in the teaching Mandarin writing. This method can help students gather ideas and information used as the main materials in writing. In addition, the students also actively participate in Mandarin learning activities. 摘要 Pramesti, Linggar Ambar. 2018.在训练汉语写作技巧中竹子舞法的应用—以玛琅第六高中二年级的学生为例。论文,玛琅国立大学,文学院,德语系,汉语专业。导师:Dr. Rosyidah, M.Pd. 关键词:竹子舞法,写作教育,中文 本研究的目的是:(1)描述在训练汉语写作技巧中竹子舞法的应用以玛琅第六高中二年级的学生为例和(2)描述用竹子舞法写作之后学生写作的效果如何。本研究采用描述性定性研究方法。这项研究中的数据来源于对学生使用竹子舞法学习写作技能及学生写作活动结果的观察和学生写作的效果。本项研究的对象是玛琅第六高中二年级的学生,共计18个人。 研究结果表明通过运用竹子舞法,在写作教学中学习气氛变得更加活跃和学生也积极参加。此外,学生写作的结果表明学生可以很好地写汉语短文。根据规定,学生可以书写内容扎实、连贯的段落。尽管如此,学生仍然存在一些错误,诸如语法、标点符号和汉字方面的错误,效果也并不完全理想。 根据研究的结果我们可以得出结论:竹子舞法可以应用于学习汉语写作。这种方法可以帮助学生收集想法和资料作为写作的主要材料。此外,学生也更加积极地参与到汉语教学活动。