Penggunaan Media iGiveTest untuk Melatih Keterampilan Membaca Siswa Kelas XI Lintas Minat SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang

Main Author: VIRLY LISTIYA NINGRUM; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Skripsi Bahasa Mandarin - Fakultas Sastra UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Mandarin/article/view/47850
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Mandarin/article/download/47850/33203
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ningrum, Virly Listiya. 2016. Penggunaan Media iGiveTest untuk Melatih Keterampilan Membaca Siswa Kelas XI Lintas Minat SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dudy Syafruddin, S.S., M.A. Kata kunci : Media, iGiveTest, Membaca Media pembelajaran merupakan alat pembelajaran yang digunakan untuk mempermudah siswa dalam menerima materi pelajaran.  untuk membantu proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal. Salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah media iGiveTest. Media iGiveTest Adalah media berbasis Php yang komperhensif untuk membuat latihan. Media ini dapat diakses melalui handphone dan komputer. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan penggunaan media iGiveTest untuk melatih keterampilan membaca siswa kelas XI lintas minat SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang, serta faktor pendukung, dan faktor penghambat penggunaaanya. Tema yang digunakan dalam penelitian ini adalah 家庭生活(Jiātíng shēnghuó). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Lintas Minat SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang yang berjumlah 24 orang. Data pada penelitiaan ini adalah data observasi, data wawancara dan dokumentasi. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama, sedangkan lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi adalah instrumen pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media iGiveTest dapat mengurangi kesulitan siswa dalam membaca bahasa Mandarin. Selain itu, siswa juga tertarik dengan penggunaan media iGiveTest karena lebih menarik dan dapat diakses melalui handphone. Data hasil observasi menyebutkan bahwa seluruh siswa dapat menggunakan media iGiveTest dengan baik sesuai dengan petunjuk peneliti. Sementara itu, ada beberapa kendala pada tampilan media iGiveTest yang kurang maksimal pada handphone, sehingga siswa secara manual memperbesar tampilan tersebut. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media iGiveTest untuk melatih keterampilan membaca dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran, namun media tersebut juga memerlukan perbaikan agar lebih sempurna.