PerancanganMotion graphic Sebagai Media Kampanye Anti PenyebaranBerita Hoax Di Media Sosial

Main Author: Arie Yuda Prasetya; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/77038
Daftar Isi:
  • RINGKASAN. Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkansebuah mediayang informatif dan mudahdipahami oleh pengguna media sosialuntukmengurangipenyebaranhoax, sertamenjadi mediayangdapatmembantupengguna media sosialuntukmemahamitentangbahayahoax. Model perancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model perancanganproseduralyaitu model yang bersifatdeskriptif. Prosedurperancangan pada penelitian ini adalah (1) latar belakang masalah, (2) identifikasi masalah, (3) pengumpulan data, (4) analisis data, (5) sintesis, (6) konsep perancangan, dan (7) proses perancangan. Hasil perancanganmerupakandesain final juga hasilakhir yang telahsiapuntukdinikmatisetelahmelaluitahapan proses desain. Paparan data pada penelitian ini yaitu menggunakan (1) observasi, (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Dalam mencapai analisis data digunakan sebuah metode yaitu analisis SWOT (Strength, Weakness, Oportunity, Treatment). Perancanganinimenghasilkansebuah media yang berupamotion graphic, komunikasiinformasidisampaikan verbal menggunakantulisanmaupun visual, menggunakangayaflat design yang memilikiperanpentingdalamsebuah media komunikasi agar informasi yang disampaikandapatdipahamidenganbaik.Melalui proses perancangantelahdiciptakanmotiongraphicdengandurasi 2 menit 30 detik yang memuatberbagaiinformasidiantaranyasejarahdipergunakannyaistilahhoax, bentukpenyebaranhoax, dampakburukpenyebaranhoax, carauntukmengenalihoax, sertahimbauanuntuklebihselektifdalammemilihinformasi yang akandisebarkan di media sosial. Pada perancanganini juga terdapat media pendukung lain sepertimotiongraphicdengandurasilebihpendekyaitu 1 menit, poster infografis, sertabannersebagai media untukmenyebarkaninformasimengenaikampanye anti penyebaranberitahoax di media sosial.