Perancangan Motiongraphic Sebagai Media Kampanye Anti Penyebaran Berita Hoax di Media Sosial

Main Author: Arie Yuda Prasetya; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/76422
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/download/76422/73090
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Prasetya, Arie Yuda. 2018. Perancangan Motiongraphic Sebagai Media Kampanye Anti Penyebaran Berita Hoax Di Media Sosial. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni Dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Gunawan Susilo S.Sn, M.Sn (II) Andika Agung Sutrisno, S.Sn, M.Sn Kata Kunci: perancangan, motion graphic, media kampanye, berita, hoax, media sosial Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media yang informatif dan mudah dipahami oleh pengguna media sosial untuk mengurangi penyebaran hoax, serta menjadi media yang dapat membantu pengguna media sosial untuk memahami tentang bahaya hoax. Model perancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model perancangan prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif. Prosedur perancangan pada penelitian ini adalah (1) latar belakang masalah, (2) identifikasi masalah, (3) pengumpulan data, (4) analisis data, (5) sintesis, (6) konsep perancangan, dan (7) proses perancangan. Hasil perancangan merupakan desain final juga hasil akhir yang telah siap untuk dinikmati setelah melalui tahapan proses desain. Paparan data pada penelitian ini yaitu menggunakan (1) observasi, (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Dalam mencapai analisis data digunakan sebuah metode yaitu analisis SWOT (Strength, Weakness, Oportunity, Treatment). Perancangan ini menghasilkan sebuah media yang berupa motion graphic, komunikasi informasi disampaikan verbal menggunakan tulisan maupun visual, menggunakan gaya flat design yang memiliki peran penting dalam sebuah media komunikasi agar informasi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik. Melalui proses perancangan telah diciptakan motiongraphic dengan durasi 2 menit 30 detik yang memuat berbagai informasi diantaranya sejarah dipergunakannya istilah hoax, bentuk penyebaran hoax, dampak buruk penyebaran hoax, cara untuk mengenali hoax, serta himbauan untuk lebih selektif dalam memilih informasi yang akan disebarkan di media sosial. Pada perancangan ini juga terdapat media pendukung lain seperti motiongraphic dengan durasi lebih pendek yaitu 1 menit, poster infografis, serta banner sebagai media untuk menyebarkan informasi mengenai kampanye anti penyebaran berita hoax di media sosial. ABSTRACT Prasetya, Arie Yuda. 2018. Perancangan Motion graphic Sebagai Media Kampanye Anti Penyebaran Berita Hoax Di Media Sosial. Thesis, Visual Communication Design Program, Departement of Art and Design, Faculty of Letters, State Universiti of Malang .Advisors (I): Gunawan Susilo S.Sn, M.Sn (II) Andika Agung Sutrisno, S.Sn, M.Sn Keywords: design, motion graphic, media campaign, news, hoax, social media This design aims to produce a media that is informative and easily understood by users of social media to reduce the spread of hoaxes, as well as being a media that can help social media users to understand the dangers of hoaxes. The design model used in this study is a procedural design model that is a descriptive model. The design procedures in this study were (1) background problems, (2) problem identification, (3) data collection, (4) data analysis, (5) synthesis, (6) design concepts, and (7) design process. The design results are final designs as well as the final results that are ready to be enjoyed after going through the stages of the design process. Exposure to data in this study is using (1) observation, (2) interviews and (3) documentation. In achieving data analysis a method is used, namely SWOT analysis (Strength, Weakness, Opportunity, Treatment). In this design produces a media in the form of motion graphics, communication of information conveyed verbally using writing or visual, using a flat design style that has an important role in a communication media so that the information conveyed can be well understood. Through the design process motiongraphic with a duration of 2 minutes 30 seconds which contains various information including the history of the use of hoax terms, the spread of hoaxes, the adverse effects of hoax spreads, ways to recognize hoaxes, and appeals to be more selective in choosing information to be disseminated on social media . In this design there are also other supporting media such as motiongraphic with a shorter duration of 1 minute, poster infographics, and banners as media to disseminate information about the campaign against the spread of hoax news on social media.