PERANCANGAN E-BOOKBERBASIS FOTOGRAFI TENTANG MOTIF BATIK SARI KENONGO SIDOARJOSEBAGAI MEDIA INFORMASI & PROMOSI
Main Author: | Muhammad Bismar Fahmi; MAHASISWA |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/67099 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/download/67099/60737 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Fahmi, Muhammad Bismar. 2018. Perancangan E-Book Berbasis Fotografi Tentang Motif Batik Sari Kenongo Sidoarjo Sebagai Media Informasi& Promosi. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni Dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Drs. Sumarwahyudi, M.Sn. (II) Andhika Putra Herwanto, S.Sn, M.Sn. Kata Kunci: E-book, Fotografi, Motif Batik, Batik Kenongo, Sidoarjo Sidoarjo merupakan salah satu daerah yang berkembang pesat di Jawa Timur, berbagai potensi perekonomian yang dimiliki Sidoarjo seperti bidang perindustrian, serta terdapat berbagai jenis bisnis jasa perdagangan berbasis usaha micro kecil & menengah (UMKM).Sidoarjo juga mulai dikenal dengan Batik tulisnya, salah satunya adalah Batik Sari Kenongo.Lokasi batik yang berada di desa Kenongo Tulangan Sidoarjo merupakan di ujung selatan kota Sidoarjo yang belum memberikan informasi yang detail dan jelas mengenai motif khas Sari Kenongo. Kurangnya media informasi sekaligus promosi, membuat sebagaian orang belum mengetahui akan adanya batik khas Tulangan Sidoarjo. Perancangan ini menggunakan metode prosedural yang dilakukan dalam proses perancangan ini diawali dengan penulisan latar belakang, perumusan masalah, dan pengidentifikasian tujuan perancangan. Analisis data bersifat deskriptif dan menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi yang bersumber langsung pada pengrajin batik sekaligus penerus, dan pengumpulan data dokumen dari buku serta situs internet yang berkaitan dengan batik Sari Kenongo Sidoarjo. Perancangan meliputi proses brainstorming dari data yang telah terkumpul untuk menciptakan konsep perancangan. Perancangan produk dimulai dari roughsketch, comprehensive layout, serta final layout. Perancangan e-bookmotif batik Sari Kenongo sebagai media informasi, sekaligus promosi berjumlah 62 halaman. E-book batik memuat isi mengenai sejarah, arti motif batik hingga motif warna populer. E-book dilengkapi dengan sistem interaktif dimana pada daftar menu pengguna dapat menuju kehalaman artikel yang diinginkan dengan menekan navigasi judul artikel yang berfungsi sebagai tombol. Untuk memperkenalkan e-booklebih dikenal kepada masyarakat, dibuat media pendukung berupa media sosial Instagram,Kartu nama,Poster, Brosur, X banner dan Stiker. Media ini diharapkan mampu menjadi sebuah sarana informasi yang mampu memberikan info mengenai batik Sari Kenonogo secara efektif, informatif dan mudah dipahami oleh para konsumen, sehingga batik Sari Kenongo semakin dikenal luas oleh masyarakat maupun mancanegara dan berdampak pada perekonomian warga sekitar.