Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pelestarian Lingkungan
Main Author: | Badiuz Zaman; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed application/msword application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/6689 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Zaman, Badiuz. 2009. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pelestarian Lingkungan. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn. (II) Andy Pramono S.Kom. M.T. Kata kunci: perancangan, iklan layanan masyarakat, pelestarian lingkungan. Isu pemanasan global (global warming) akibat kurangnya kepedulian lingkungan akhir-akhir ini menjadi perhatian serius pemerintah negara-negara di dunia mengingat efek dari perubahan iklim yang menyebabkan bencana-bencana dalam skala global. Oleh sebab itu diperlukan peran serta masyarakat secara aktif dalam usaha pelestarian lingkungan terkait dengan permasalahan di atas. Sebagai upaya edukasi terhadap masyarakat tentang pentingnya berperan serta dalam mencegah terjadinya bencana global, maka diperlukan sebuah media yang dirancang untuk menginformasikan hal-hal apa saja yang harus dilakukan. Maksud dan tujuan dari disusunnya perancangan iklan layanan masyarakat tentang pelestarian lingkungan ini adalah untuk memberi pengetahuan umum pada masyarakat tentang pentingnya berperan serta dalam usaha pelestarian lingkungan, khususnya dalam usaha mengurangi penggunaan kantong plastik. Model perancangan yang dibuat adalah menggunakan model perancangan yang bersifat prosedural yang menerangkan langkah-langkah yang telah ditentukan untuk menghasilkan sebuah iklan layanan masyarakat. Data yang dipakai sebagai acuan berupa data-data yang bersumber dari kepustakaan, kuesioner, wawancara pihak terkait, dan pengalaman pribadi penulis. Hasil perancangan ini adalah visualisasi iklan layanan masyarakat yang berbentuk iklan televisi, iklan koran, poster, x-banner, stiker, kaos dan tas kanvas. Sedangkan pesan yang disampaikan adalah sosialisasi mengenai masalah lingkungan yang ditimbulkan oleh kantong plastik dengan cara menjabarkan secara ringkas dan padat tentang fakta-fakta mengenai kantong plastik, mulai dari proses produksi, proses penggunaan dan paska penggunaan.