Perancangan buku cerita rakyat bergambar tentang asal mula Aksara Jawa untuk anak usia 6-8 tahun

Main Author: Muhammad Amirul Bachtiar Affandy; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/65266
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Affandy, Muhammad Amirul Bachtiar. 2017 Perancangan Perancangan Buku Cerita Bergambar Tentang Asal Mula Aksara Jawa untuk Anak-anak Usia 6-8 Tahun. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Moch. Abdul Rohman, S. Sn, M.Sn. (II) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd Kata kunci: Buku bergambar, Cerita rakyat, Ajisaka, Aksara Jawa, Anak-anak Buku cerita bergambar ini mengangkat dari web Cerita Rakyat Nusantara "Aji Saka" yang disusun oleh Samsuni redaktur sastra di balai kajian dan pengembangan budaya melayu, Yogyakarta. Buku ini diceritakan ulang sesuai dengan keadaan sekarang, diharapkan melalui buku ini anak-anak dapat belajar mengenal asal-usul huruf Aksara Jawa atau Hanacaraka. Pemilihan buku bergambar sebagai media dikarenakan buku merupakan media yang mudah dijangkau dan memiliki sifat mobilitas yang tinggi. Tujuan perancangan ini adalah Mengenalkan bahasa jawa sejak dini kepada anak-anak dan menghasilkan sebuah buku cerita bergambar berjudul Aji Saka tentang asal-usul Aksara Jawa yang berisikan beberapa ilustrasi bergambar yang membentuk suatu rangkaian cerita yang utuh, di dalam layoutnya berisikan ilustrasi dan narasi yang mendukung isi cerita. Model perancangan yang dibuat adalah menggunakan model perancangan Metode Analitis. Dalam metode analitis ini hasil rancangan akan sangat dipengaruhi oleh proses yang dilakukan sebelumnya. Proses tersebut adalah menentukan problema, mencari data lapangan, analisis, sintesis, skematik desain, konsep desain dan produk desain. Model perancangan dimodifikasi dengan runtuan langkah-langkah kerja yang lebih mengarah ke proses pembuatan media. Hasil perancangan yang dibuat terdiri dari media utama dan media pendukung. Media utama adalah buku bergambar yang menjelaskan tentang Legenda Ajisaka. Buku bergambar ini memiliki spesifikasi produk dengan ukuran kertas 17,5cm x 15,5cm jenis art paper 150 gr berjumlah 43 halaman, colourfull, berjenis buku chapterbook dan dibuat menggunakan software SAI Photopaint, Corel Draw dan Adobe Photoshop. Buku dilengkapi dengan teks, ilustrasi, dan menggunakan teks bahasa Indonesia, bahasa jawa (Ngoko Alus) dan Huruf Aksara jawa (Hanacaraka). Untuk media pendukung terdiri dari Poster, X-Banner, Gantungan Kunci, dan Bookmark.