MINAT SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VII SMP NEGERI 1 TUMPANG SMP NEG

Main Author: Rudyana Narastiti; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/63280
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/download/63280/55491
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Narastiti, Rudyana. 2017.Minat Siswa pada Pembelajaran Pengetahuan Seni Tari kelas VII SMP Negeri 1 Tumpang.Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Lilik Indrawati, M.Pd., (2) Ika Wahyu Widyawati, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Minat siswa, Pembelajaran, Seni TariPembelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Tumpang kelas VII sesuai kurikulum 2013 mencakup bidang seni tari. Pelaksanaan pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Tumpang meliputi bidang pengetahuan. Tetapi, pada saat pembelajaran berlangsung terlihat siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru, ada beberapa siswa yang mengobrol dengan temannya diluar materi pelajaran serta siswa kurang konsentrasi menjawab pertanyaan dari guru. Berdasarkan latar belakang, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana minat siswa terhadap pembelajaran pengetahuan seni tari di SMP Negeri 1 Tumpang.Tujuan peneliti mendeskripsikan: (1) minat siswa terhadap pembelajaran pengetahuan seni tari di SMP Negeri 1 Tumpang; (2) mengetahui faktor-faktor penyebab timbulnya minat siswa dalam pembelajaran pengetahuan seni tari di SMP Negeri 1 Tumpang.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tumpang. Sampel dilakukan secara sampel populasi pada kelas VII B SMP Negeri 1 Tumpang sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 34 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket yang terdiri dari angket tertutup dan angket terbuka. Pengumpulan data menggunakan langkah-langkah seperti tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap persiapan anlisis data.Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan teknik persentase.Hasil penelitian ini adalah minat siswa terhadap pembelajaran pengetahuan seni tari cenderung kurang, siswa menyatakan lebih tertarik pelajaran seni di bidang lainnya seperti seni rupa. Tetapi siswa menyatakan akan memperbaiki nilai pelajaran seni tari jika mengalami kegagalan.Untuk itu, seorang guru Seni Budaya bidang seni tari harus memahami konsep pendidikan seni, menciptakan pembelajaran seni tari yang menyenangkan untuk memotivasi siswa sehingga minat siswa akan tumbuh seiring dengan proses pembelajaran berlangsung. Disarankan mahasiswa Pendidikan Seni Tari untuk melakukan tindak lanjut dari penelitian ini yang memfokuskan permasalahn penelitian pada sikap siswa terhadap pembelajaran Seni Budaya bidang seni tari. ABSTRACTNarastiti, Rudyana. 2017. Students’ Interest on Art Dance Learning for Class VII SMP Negeri 1 Tumpang.Thesis, Department of Art Dance and Music, Faculty of Letters, State University of Malang. Advisors: (1) Dra. LilikIndrawati, M.Pd., (2) IkaWahyuWidyawati, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Students’ Interest, Learning, Art DanceCultural Arts Learning at SMP Negeri 1 Tumpang class VII according to the 2013 curriculum covers the field of dance art. Implementation of dance learning in SMP Negeri 1 Tumpang covers the field of knowledge. However, at the time of the lesson, the students did not pay attention to the material presented by the teacher, there were some students who chatted with their friends outside the subject matter and the students did not concentrate the answer from the teacher questions. Based on the background, the problem studied in this research is how the students interest in learning the knowledge of dance art in SMP Negeri 1 Tumpang.The purpose of this study is to describe: (1) the interest of students to the learning of dance art in SMP Negeri 1 Tumpang; (2) to know the factors influencing the interest of students in the learning of dance art at SMP Negeri 1 Tumpang.The research method used is descriptive quantitative. The population is a student of class VII B SMP Negeri 1 Tumpang. The research instrument used is a questionnaire. Questionnaire is prepared using closed and open questionnaire based on indicators that are based on existing theory on the scope. Test validity and reliability questionnaire done twice. In this research data analysis technique using percentage technique. The result of this research is students' interest toward learning of dance less tend to be less, students express more interested in art lesson in other field like art. But the students said they would improve the value of dance lessons if they had a failure. For that, a teacher of Cultural Arts in the field of dance should understand the concept of art education, creating a fun dance lesson to motivate students so that students' interest will grow along with the learning process. Dance Education Students are advised to follow up from this research which focuses research problem on student's attitude towards Cultural Arts learning in dance field.