Pembentukan Karakter Anak Melalui Perancangan Buku Cerita Dongeng Bergambar Ratu Tamak dan Raksasa Pohon Jati

Main Author: Anindia Putri Farsya; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/61524
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/download/61524/52995
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Farsya, Anindia Putri. 2017. Pembentukan Karakter Anak Melalui Perancangan Buku Cerita Dongeng Bergambar Ratu Tamak dan Raksasa Pohon Jati. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni Dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Moch.Abdul Rohman S.Sn., M.Sn., (II) Yon Ade Lose Hermanto S.Sn., M.Sn. Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Buku anak, Buku cerita bergambar, Dongeng Pembentukan Karakter anak bisa dilakukan lewat media apa saja, baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satunya adalah melalui buku cerita dongeng bergambar. Melalui buku, anak bisa memahami lewat cerita yang ada didalam ilustrasi maupun cerita yang disampaikan. Anak bisa memahami mana yang baik dan yang buruk. Salah satu contohnya sifat yang tercela adalah sifat tamak, karena tamak akan menimbulkan kebencian bagi orang lain dan mendapatkan balasan. Sifat ini sangatlah tidak terpuji, oleh karena itu anak tidak boleh mempunyai sifat tamak. Melalui buku cerita bergambar yang berjudul Ratu Tamak dan Raksasa Pohon Jati anak bisa memahami bagaimana sifat tamak itu, dan bagaimana cara menanggapinya. Model perancangan ini menggunakan model perancangan deskriptif, yaitu diawali dengan penulisan latar belakang, perumusan masalah, dan pengidentifikasian tujuan perancangan. Lalu dilanjutkan dengan observasi, kepustakaan dan wawancara. Kemudian dilanjutkan dengan analisis data yang akhirnya menjadi konsep perancangan. Perancangan buku cerita bergambar ini menggunakan pendekatan gaya visual digital painting dan dikemas menjadi buku dengan hardcover. Maka dari itu perancangan buku cerita ini dibuat untuk mengajarkan anak bagaimana sifat serakah dan mengapa harus dihindarinya. Buku cerita ini dirancang semenarik mungkin supaya anak tertarik membaca dan mencermati visualisasi yang ada dibuku cerita dan media pendukung yang ada untuk mempromosikan buku cerita Ratu Tamak dan Raksasa Pohon Jati ini adalah X-banner, Poster, satu paket buku cerita beserta Cover kain, boneka jari, gantungan kunci, stiker, pouch dan T-shirt.Bagi perancang selanjutnya diharapkan dapat merancang dengan permasalahan yang sama namun dengan media yang berbeda. Misalkan menciptakan media komik ataupun animasi karena anak-anak juga dapat mencerna secara langsung dalam sebuah film animasi. Ini semua bertujuan agar pengenalan sifat, norma dan moral untuk anak dapat tersampaikan dengan baik dan bisa diterapkan pada kehidupan dimasa yang akan datang. Khusunya perilaku terpuji, dan meninggalkan perilaku tercela. ABSTRACT Farsya, Anindia Putri. 2017. Character Building of Children Through DesigningFairy Tale Picture Book of Greedy Queen and Giant Teak Tree. Thesis, Visual Communication Design Program, Department of Art and Design, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang. Advisors(I): Moch.Abdul Rohman S.Sn., M.Sn., (II) Yon Ade Lose Hermanto S.Sn., M.Sn. Keywords: Character Building, Children's Book, Story Picture Book, Fairy Tale Character building of children can be done through any media, either directly or indirectly. One of them is through a fairy tale picture book. Through books, children can understand through the stories that exist in the illustrations and stories which were told. Children can understand what are good and bad. One example of a disgraceful trait is greedy, because greedy will incite hatred for others and get a revenge. This trait is highly praiseworthy, therefore children should not be greedy. Through picture book entitled Ratu Tamak dan Raksasa Pohon Jati (Greedy Queen and Giant Teak Tree) children can understand how the greedy trait, and how to respond. This design used descriptive design, which began with the background of the study, research question, and identification of design goals. Then continued with observation, building the theoretical framework and interview. Then proceed with the data analysiswhich became the concept of design. The design of this picture book used a digital painting style approach and was packaged into a book with hardcover. Therefore,the design of this story book was made to teach children how the characteristic of greedy and why it should be avoided. This storybook was designed as interesting as possible so that children were interested in reading and observing the existing visualization of the story book and the supporting media which were available to promote the story book of Ratu Tamak and Giant Teak Tree such as X-banner, Poster, a package of story books with cover made from cloth, finger puppet , key chains, stickers, pouch and T-shirt. The next designer is expected to design with the same problems but use different media. For example, creating a comic or animation media because children can also comprehend an animated film directly. These all aim to recognize the characteristic, norm and moral for children can be delivered well and can be applied to their future. Especially good behavior and abandoned bad behavior.