Media Pembelajaran Komik Digital Menggunakan Aplikasi Webtoon untuk Siswa Kelas VII G SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang

Main Author: Yesintha Octavianti; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/57943
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Octavianti, Yesintha. 2017. Media PembelajaranKomik Digital TariGrebegJawaMenggunakanAplikasiWebtoonUntukSiswaKelas VII G SMP LaboratoriumUniversitasNegeri Malang. SkripsiJurusanSenidanDesain, FakultasSastra, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (I) Dra. EndangWaraSuprihatinDiahPratamawati,M.Pd, (II) IkaWahyuWidyawati, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: mediapembelajaran,komikdigitalwebtoon, tariGrebegJawaSMP LaboratoriumUniversitasNegeriMalang adalahsalahsatusekolah yang melaksanakanpembelajaran subbidangsenitari yang diberlakukansejakkelas VII semester ganjil, pada semester genapmateri yang diberikanialahtariGrebegJawa. Pembelajaransenibudayatelahdilaksanakanselamadua semester, akantetapipembelajaransenitari di sekolahinimasihbelummaksimal. Hal tersebutkarenaminimnyamediapembelajaran yang digunakansebagaialatbantumengajar guru.Tujuanpenelitianiniuntukmenghasilkan media pembelajaranberupakomik digital menggunakanaplikasiwebtoonyang dapatdimanfaatkanoleh guru dansiswadalampeningkatankualitasbelajarpadamatapelajaranSeniBudayasub bidangsenitari (TariGrebegJawa).Penelitianinimenggunakanmetode Research and Development (R&D) yang telahdimodifikasimenjadi 11 langkahyaitu : (1) identifikasikebutuhan, (2) pengumpulan data, (3) perancanganproduk, (4) desainproduk meliputi pra produksi, produksi dam pasca produksi, (5) ujivalidasiahli, (6) revisiproduk I, (7) ujicobakelompokkecil, (8) ujicobakelompokbesar, (9) ujivalidasiahli II, (10) revisiprodukakhir, (11) produkkomik digital denganmenggunakanaplikasiwebtoon.Jenis data yang digunakanadalah data kuantitatifkualitatif.Instrumentpengumpulan data berupaangketvalidasipadaahlimateri, ahlipembelajaran, ahli media,audiens yang terbagidalamkelompokkecildankelompokbesar, sertatesujicobahasilbelajarmelaluipre testdanpost test.PenelitiandanpengembanganinimenghasilkansebuahprodukkomikdigitalmenggunakanaplikasiWebtoon.Adapunhasilujicoba ahli adalahsebagaiberikut: (1) validasi I danrevisi Isecarakeseluruhan proses inimencapai 80% olehahlimateri, 95,8% olehahlipembelajaran, dan 81,25%olehahli media, (2) ujicobakecildenganmenggunakan 10 orang pesertadidiksebagaisamplemencapai 92,75% (3) ujicobakelompokbesardenganmenggunakan 26 orang pesertadidikmencapai 87,9% (4)hasiltesbelajarsiswamenunjukan 83,84% siswatelahmemenuhi KKM ≥75, (5) validasi II danrevisi II mencapai 92,5%olehahlimateri, sedangkanolehahlipembelajaran 95,8%, serta96,8%olehahli media, (6) revisiprodukakhirmemastikanbahwaproduk validuntukdigunakansebagai media pembelajaran. Kesimpulandaripenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkansebuahproduk media pembelajarankomik digital yang dapatdijadikansebagaisumberbelajar. Saran untukpenelitianlainadalahmateri yang dikembangkandapatdikajilebihdalamtidakhanyaterfokuspadasejarah, karakteristik, atributdan motif gerak, namunjugapadamaknasimboliktopengdanwarnakostum.