Perancangan Media Promosi Lembaga Bahasa Jepang “Japan College Yogyakarta”

Main Author: Remas Paneptu; Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Imam Muhajir,(II) Rudi Irawanto S.Pd, M.Sn
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/561
Daftar Isi:
  • Pendidikan bahasa asing merupakan hal yang sangat vital sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Seiring dengan kemajuan jaman yang telah mengalami perkembangan pesat dalam bidang ilmu dan teknologi menjadikan bahasa sebagai kebutuhan pokok setiap manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung. Akan tetapi adanya anggapan dikalangan pelajar dan masyarakat umum, bahwa untuk menguasai bahasa asing sangatlah sulit, menjadikan fenomena yang muncul pada saat ini. Mengatasi permasalahan ini, maka perlu dilakukan suatu upaya untuk menarik minat kalangan pelajar dan masyarakat umum untuk belajar bahasa asing. Bahasa Jepang banyak diminati kalangan pelajar dan umum setelah bahasa Inggris dan Mandarin. Yogyakarta sebagai kota pelajar, dimana persaingan antara lembaga pendidikan formal maupun non formal sangat besar. JAPAN COLLEGE (JACO) salah satu pendidikan luar sekolah yang bergerak dibidang pengajaran bahasa Jepang. Melihat persaingan antar lembaga semakin kuat, timbul sebuah pertanyaan bagaimana membuat suatu media promosi yang dapat menginformasikan kepada masyarakat mengenai program-program dari JAPAN COLLEGE dan pada akhirnya muncul ketertarikan untuk masuk kelembaga bahasa Jepang ini. Perancangan ini diawali dengan mengidentifikasi latar belakang, rumusan masalah dan menetapkan tujuan perancangan, yang dilanjutkan dengan kegiatan pengumpulan data melalui wawancara, dan kuisioner. Data diidentifikasi dan dianalisis kemudian mulai menetapkan sintesis. Dari sintesis ini mulai menetapkan konsep perancangan yang terdiri dari perencanaan media dan perencanan kreatif yang diakhiri dengan proses desain untuk mencapai desain akhir. Isi pesan yang diangakat dalam media ini kesemuanya mengajak untuk bergabung dengan perusahaan, sekaligus mengangkat image Japan College di masyarakat. Hasil dari perancangan ini berupa media antara lain, iklan surat kabar, poster, flyer, x-banner, stiker dan web site. Media komunikasi visual lembaga bahsa Jepang Japan College ini diharapkan dapat digunakan dengan baik sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah siswa yang belajar di Japan College.