Perancangan Komunikasi Visual SMAK Frateran Malang Sebagai Media Promosi

Main Author: Tino Agustinus Kristianto; Jurusan Seni dan Desain FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc., (II) Pranti Sayekti, S.Sn, M.Si.
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/554
Daftar Isi:
  • SMAK Frateran merupakan salah satu sekolah swasta yang ada di Kota Malang. SMAK Frateran didirikan oleh Yayasan Mardi Wiyata pada tanggal 15 Agustus 1988. Walaupun sudah berdiri sekitar 20 tahun, masih banyak permasalahan yang harus dihadapi oleh SMAK Frateran. Permasalahan yang dihadapi oleh sekolah ini antara lain masih banyaknya masyarakat yang belum mengenal SMAK Frateran, menurunnya kepercayaan yang dimiliki oleh masyarakat terhadap sekolah ini, serta masih terbatasnya media promosi yang dimiliki oleh SMAK Frateran. Dengan demikian citra sekolah ini tidak dapat tersampaikan kepada target audience secara luas. Perancangan ini bertujuan untuk membangun dan mengkomunikasikan citra SMAK Frateran secara efektif dan efisien melalui konsep desain yang sesuai dengan keunggulan yang dimiliki oleh sekolah ini. Perancangan yang terbentuk berupa media promosi SMAK Frateran Malang. Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural yang menerapkan langkah-langkah sistematik yang dilakukan untuk menghasilkan produk. Data yang dipakai sebagai acuan berupa data-data yang bersumber dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil survey menunjukkan bahwa SMAK Frateran memiliki keunggulan antara lain ekstrakurikuler bola basket yang terus berprestasi, fasilitas pendidikan yang lengkap serta biaya pendidikan yang relatif murah. Perancangan ini menghasilkan media promosi yang berbasis media cetak dan media digital. Media cetak dalam perancangan ini berupa poster, iklan pada majalah kenangan, horizontal banner, block note, stiker, dan pin. Sedangkan untuk media digital hasil perancangannya berupa website yang berisi profil SMAK Frateran Malang. Berdasarkan hasil perancangan ini, saran penulis adalah sebaiknya SMAK Frateran Malang melakukan promosi yang sesuai dengan target audiens agar informasi yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik. Selain itu, perlu dilakukan promosi yang berkelanjutan agar kepercayaan yang dimiliki masyarakat terhadap SMAK Frateran Malang dapat meningkat.