Perancangan Media Promosi Program Studi D3 Game Animasi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

Main Author: Utari Triyanika; Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Pujiyanto, M.Sn, (II) Rudi Irawanto, S.Pd, M.Sn
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/553
Daftar Isi:
  • Dalam perindustrian di Indonesia, seiring kemajuan teknologi mengalami perkembangan pesat. Salah satunya industri Game Animasi. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu dasar hingga dibukanya Program Studi D3 Game Animasi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang pada tahun 2008. Dan antusiasme dalam mencetak game maker yang mampu menciptakan game yang menunjukkan lokalitas bangsa dan berbasis edukasi tentunya untuk mengatasi problem dalam dunia game yang telah menjadi gaya hidup dalam masyarakat era kini. Sehingga, sebagai Program Studi baru perlu adanya promosi untuk mengenalkan dan menanamkan image di benak masyarakat sebagai lembaga yang tidak hanya menciptakan game maker yang biasanya bersifat entertainment namun lebih ke arah edutainment dan menunjukkan lokalitas bangsa.Dari uraian latar belakang muncul permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut: merancang media promosi yang dibutuhkan oleh Program Studi dan memiliki nilai estetik dan menyampaikan informasi yang sesuai. Strategi ini ditempuh dengan tujuan agar mampu menarik target audience hingga pencapaian target market yang sesuai. Metode perancangan yang digunakan adalah model parancangan prosedural, yaitu bersifat deskriptif. Adapun proses perancangan media promosi ini tersusun dalam pencarian data dengan melakukan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Produk yang dihasilkan berupa 12 media promosi yang sesuai dengan kebutuhan jangka panjang dan jangka pendek berupa media above the line dan media below the line yang meliputi Multimedia interaktif, Billboard, Mini Billboard, Bando, Iklan Surat Kabar, Iklan Majalah, Poster, Brosur, Katalog, Horisontal Banner, X-banner, dan Merchandise yang meliputi Laptop bag, CD Folder, Mouse Pad, Headrest.Pesan yang ingin disampaikan melalui media promosi ini yaitu menginformasikan adanya Program Studi D3 Game Animasi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang yang nomor satu di Jawa Timur. Program Studi tersebut menawarkan hal yang dibutuhkan target market yaitu segala fasilitas yang menunjang sistem pembelajaran. Selain itu ingin menunjukkan pada masyarakat bahwa Program Studi tersebut memiliki antusiasme dalam mencetak game maker yang mampu menciptakan game yang menunjukkan lokalitas bangsa dan berbasis edukasi tentunya untuk mengatasi problem dalam dunia game yang telah menjadi gaya hidup dalam masyarakat era kini.