Persepsi Siswa Tentang Fungsi Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Rupa di SMP Negeri 09 Kabupaten Malang

Main Author: murtisari tuntas; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/5085
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTuntas, Murtisari. 2009. Persepsi Siswa Tentang Fungsi Mata Pelajaran SeniBudaya Bidang Seni Rupa di SMP Negeri 09 Kabupaten Malang. Skripsi,Program studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain FakultasSastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. PurwatiningsihM.Pd.Kata kunci: persepsi siswa, fungsi Mata Pelajaran Seni BudayaSalah satu mata pelajaran yang diberikan di sekolah-sekolah umum yangberbasis budaya dan memiliki keunikan, kebermaknaan dan kebermanfaatan terhadapkebutuhan perkembangan peserta didik yang terletak pada pemberian pengalamanestetik dalam bentuk kegiatan berekspresi dan berapresiasi adalah mata pelajaran SeniBudaya. Tujuan utama dari mata pelajaran ini sebagaimana dalam kurikulum KTSPyaitu siswa dapat memahami konsep dan pentingnya seni dan budaya, sertamenanamkan dan menampilkan sikap apresiatif, kreatif serta peran serta siswa dalamseni budaya di tingkat global. Dalam pelaksanaannya pendidikan seni budaya selamaini cukup memprihatikan. Masalah tersebut dapat dilihat dari bukti-bukti yang terjadidi lapangan tentang aktivitas belajar siswa disekolah. Hal ini dikarenakan adanyaperbedaan persepsi siswa tentang mata pelajaran Seni Budaya yang dapat bersifatpositif dan negatif. Persepsi siswa terhadap mata pelajaran Seni Budaya sangat perludiperhatikan.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 09 Kota Malang dengan alasanmempunyai prestasi yang baik dibidang akademik dan non akademik. Sekolah yangmemiliki prestasi baik berarti dapat melaksanankan seluruh pembelajaran di bidangstudinya dengan baik. Dari anggapan peneliti ini maka peneliti memilih sekolah inisebagai tempat berlangsungnya penelitian. Penelitian ini mengkaji tentang (1)persepsi siswa di SMP Negeri 09 Kota Malang tentang fungsi mata pelajaran SeniBudaya dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan siswa, (2) persepsi siswadi SMP Negeri 09 Kota Malang tentang fungsi mata pelajaran Seni Budaya dalammembina perkembangan estetis, (3) persepsi siswa di SMP Negeri 09 Kota Malangtentang fungsi mata pelajaran Seni Budaya dalam membantu hidup secara sempurna.Penelitian ini dilaksankan pada bulan Oktober sampai Desember. Populasi penelitianadalah semua siswa SMP Negeri 09 Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini adalahkelas IX C, karena dalam kelas tersebut sudah terdapat berbagai karakteristik siswayang dapat mewakili populasi dengan jumlah seluruh responden 38 siswa sebagaisampel. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian adalah teknikPurposive Sample. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitianberupa angket skala Likert. Hasilnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisDeskriptif Persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa SMP Negeri 09 KotaMalang tentang mata pelajaran Seni Budaya yang ditinjau dari ketiga rumusanmasalah penelitian ini dapat terjawab dari hasil persentase yang diketahui dan dapatiidi deskripsikan sebagai berikut; (1) persepsi siswa di SMP Negeri 09 Kota Malangtentang fungsi mata pelajaran Seni Budaya dalam membantu pertumbuhan danperkembangan siswa cenderung setuju dan masih termasuk dalam kualifikasisebagian kecil (42,97%). Jadi fungsi mata pelajaran Seni Budaya dalam membantupertumbuhan dan perkembangan siswa masih kurang terpenuhi, (2) persepsi siswa diSMP Negeri 09 Kota Malang tentang fungsi mata pelajaran Seni Budaya dalammembina perkembangan estetis siswa cenderung setuju dan masih termasuk dalamkualifikasi sebagian kecil (38,08%). Jadi fungsi mata pelajaran Seni Budaya dalammembantu pertumbuhan dan perkembangan siswa masih kurang terpenuhi, (3)persepsi siswa di SMP Negeri 09 Kota Malang tentang fungsi mata pelajaran SeniBudaya dalam membantu hidup secara sempurna cenderung setuju dan sudahtermasuk dalam kualifikasi hampir mendekati separuh bagian subjek (47,20%). Jadifungsi mata pelajaran Seni Budaya dalam membantu pertumbuhan dan perkembangansiswa masih kurang terpenuhi. Dari ketiga jawaban rumusan masalah tersebut dapatdisimpulkan bahwa siswa cenderung setuju terhadap fungsi mata pelajaran SeniBudaya dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan, membina perkembanganestetis dan membantu hidup secara sempurna, tetapi masih kurang memenuhi, hal inidisebabkan karena kualifikasi jumlah persentase dari data hasil penelitianmenunjukkan masih sebagian kecil.Berdasarkan hasil penelitian ini, siswa mempunyai persepsi setuju tentangfungsi mata pelajaran Seni Budaya sehingga dapat disarankan bagi para guru matapelajaran Seni Budaya agar bisa memberi pemahaman dan kesadaran kepada siswatentang fungsi Seni Budaya, agar fungsi dari adanya mata pelajaran Seni Budaya bagisiswa ini dapat terpenuhi. Untuk siswa diharapkan dapat meningkatkan belajardengan lebih baik khususnya pemahaman dan pandangan/persepsi positif terhadapfungsi mata pelajaran Seni Budaya. Pada peneliti selanjutnya dapat mengkaji tentangfungsi mata pelajaran Seni Budaya dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa.