Perancangan Video Promosi Wisata Air Terjun Madakaripura Kabupaten Probolinggo Untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan
Main Author: | Hardinald Akhmad Rakhman; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/49039 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rakhman, Hardinald Akhmad. 2016. Perancangan Video Promosi Wisata Air Terjun Madakaripura Kabupaten Probolinggo Untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Moeljadi Pranata, M.Pd. Kata kunci: Perancangan, Video Promosi, Air Terjun Madakaripura, Meningkatkan Jumlah Wisatawan Air Terjun Madakaripura adalah tempat wisata ekstrim yang terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun setinggi sekitar 200 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Perancangan Video Promosi Wisata Air Terjun Madakaripura Kabupaten Probolinggo untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan ini menggunakan model 4D, langkah-langkah model ini adalah define, data, design dan disseminate. Model 4D merupakan salah satu model perancangan prosedural. Model tersebut menggambarkan tahapan langkah-langkah kerja secara prosedural. Pada tahap define dilakukan penetapan dan batasan perancangan. Pada tahap data dilakukan eksplorasi data referensi dan lapangan untuk dianalisis sintesis, upaya ini sebagai dasar penentuan konsep perancangan. Pada tahap design dilakukan perancangan media promosi berdasarkan konsep yang telah ditentukan. Pada tahap disseminate dilakukan kegiatan pameran hasil perancangan dan penulisan artikel untuk jurnal ilmiah. berjudul “Perancangan Video Promosi Wisata Air Terjun Madakaripura Kabupaten Probolinggo Untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan” menghasilkan 2 produk, yakni Video Perikalanan berkonsep Adventure dan Video Perikalanan berkonsep Narrative. Dengan spesifikasi masing-masing Video, format video 1920 x 1080 pixel, berdurasi 2:27 menit dan 1:29 menit. Software yang digunakan Adobe Premiere CC Pro. Video dapat diakses di channel youtube Tree DWL. Serta lima produk pendukung yakni, brosur, poster, x-banner, kaos, dan sticker. Berdasarkan hasil perancangan dapat disimpulkan bahwa sebelum merancang media promosi diperlukan research sebagai sumber data dalam perancangan. Research yang dilakukan terkait dengan permasalahan yang ingin diselesaikan dan target audience/calon wisawatan. Dengan melakukan research, memudahkan kita dalam membuat perancangan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Perancangan ini telah ditampilkan pada media sosial yang dimiliki Tree DWL dan mendapatkan apresiasi yang baik dari audience. Media ini sebaiknya ditunjukan kepada masyarkat sebagai media promosi.