Daftar Isi:
  • Taman Rekreasi Kota Malang didirikan pada tahun 1998 dan diresmikan pada tahun 2003. Taman Rekreasi Kota Malang telah dikembangkan sebagai tempat rekreasi dan menawarkan jasa pariwisata kepada para wisatawan. Mengunjungi Taman Rekreasi Kota Malang selain sebagai sarana rekreasi dan menikmati keindahan obyek wisata,bertujuan juga untuk sarana edukatif mengenai berbagai jenis flora dan fauna. UPTD Tareko Pemkot Malang sebagai pengelola wisata, menyadari pentingnya kampanye iklan (advertising campaign) yang efektif untuk mengkomunikasikan jasa atau produk yang ditawarkan. Program periklanan yang baik dan efektif, serta ditunjang dengan otonomi daerah, maka Taman Rekreasi Kota Malang yang merupakan salah satu aset potensi daerah yang membanggakan dan diharapkan mampu dimanfaatkan sebagai salah satu sumber devisa daerah dalam sektor pariwisata yang dapat digunakan untuk menunjang peningkatan taraf hidup masyarakat Kota Malang. Berdasarkan latar belakang dan analisis data, maka muncul permasalahan bahwa dibutuhkan media komunikasi yang efektif untuk memperkenalkan serta menginformasikan keberadaan Taman Rekreasi Kota Malang kepada masyarakat. Sesuai dengan permasalahan tersebut, maka tujuan dari penulisan ini adalah merancang media komunikasi yang efektif untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang Taman Rekreasi Kota Malang. Secara prosedural, perancangan ini menggunakan metode deskriptif, yaitu cara atau prosedur pemecahan masalah dengan menggunakan urutan langkah yang telah ditentukan untuk menghasilkan suatu produk yang diharapkan. Produk yang dihasilkan berupa media komunikasi yang berisikan informasi tentang keberadaan Taman Rekreasi Kota Malang. Media Komunikasi ini berupa media above the line yang meliputi iklan surat kabar,poster, billboard dan sign board serta media below the line yang meliputi banner, leafleat, flag chain, tiket, kartu nama, kalender meja, dan mug.