Perancangan Media Promosi Buku Kampoeng Lampion sebagai Aktivasi Branding

Main Author: LINA HUSNA; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/48597
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Husna, Lina Izzati. 2016. Perancangan Media Promosi Buku Kampoeng Lampion sebagai Aktivasi Branding. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn, (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn. Kata Kunci : perancangan, media promosi, buku, kampoeng lampion, aktivasi branding Kampoeng Lampion adalah sebuah tempat di Kota Malang yang merupakan sentra/pusat kerajinan sekaligus penjualan lampion segala ukuran dan motif. Kampoeng Lampion sudah berdiri sejak tahun 2006. Sentra kerajinan ini berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda gg. 5, Malang. Produk lampion di Kampoeng Lampion ini dikerjakan oleh tangan-tangan terampil dan profesional. Namun begitu, Kampoeng Lampion belum mempunyai media promosi yang dapat mengangkat citra dan mempromosikan produknya. Berdasarkan itu, dalam penelitian ini dapat dirumuskan permasalahan yang tepat untuk Kampoeng Lampion adalah merancang media promosi buku Kampoeng Lampion sebagai aktivasi branding. Perancangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk merancang media promosi buku untuk Kampoeng Lampion. Dengan dirancangnya media promosi buku tersebut, diharapkan akan membantu mengenalkan sentra kerajinan Kampoeng Lampion. Selain itu, perancangan ini bertujuan untuk mempromosikan Kampoeng Lampion dalam pemesanan dan penjualan produk lampion serta sebagai aktivasi branding. Perancangan ini menggunakan model perancangan dari Sadjiman Ebdi Sanyoto, karena memiliki alur kerja yang sesuai dengan perancangan media promosi. Proses ini diawali dengan perumusan latar belakang, identifikasi, analisis data, sintesis, konsep perancangan, serta konsep tata desain hingga menjadi desain final. Produk yang dihasilkan berupa paket media promosi yang terdiri dari media BTL. Media tersebut berupa buku sebagai media utama dengan ukuran format kertas A5 (14,8cm X 21cm) berjumlah 40 halaman. Adapun media pendukungnya yaitu, x-banner, poster, brosur, kartu nama, mug, pin dan stiker. Perancangan media promosi tersebut menggunakan jenis layout picture window. Font yang digunakan adalah Times New Roman dan Gisha.