Perancangan Media Komunikasi Visual Wana Wisata Coban Rondo Malang. Sebagai Media Promosi

Main Author: Ismu Firdausi Nuyullah; Program studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dra. Lilik Indrawati, (2) Drs. Andi Harisman.
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/481
Daftar Isi:
  • Wana Wisata Coban Rondo adalah wisata alam yang terletak hanya 25km dari pusat kota Malang, tepatnya berlokasi di desa pandesari, kecamatan pujon. Wisata ini dikenal dengan panorama air terjun dengan ketinggian 60 m memiliki nilai legenda dan cerita pada masa dulu. Pada saat ini wisata Coban Rondo tidak lagi dikelola oleh Perhutani, akan tetapi diserahkan pengelolaannya pada pihak swasta yaitu PT. Perhutani Alam Wisata (PALAWI), pengelolaan dan menejemen wisata Coban Rondopun semakin baik, potensi-potensi dari wisata terus digali dan dikembangkan, dengan berbagai paket-paket wisata petualangan dihadirkan dengan tujuan mengenalkan brand image “not just waterfall”. Melalui paket-paket wisata yang diprogramkan, dibutuhkan media komunikasi visual dengan ide kreatif baru yang mampu mendukung penawaran paket wisata Coban Rondo, untuk mempromosikan wisata tersebut dan dalam usaha memberikan brand image yang lebih kuat. Tujuan dari perancangan ini membuat visualisasi promosi ide kreatif baru, untuk menawarkan paket-paket wisata yang diprogramkan, dan sebagai bentuk usaha menanamkan brand image “Not Just Waterfalls”. Dengan adanya perancangan media komunikasi visual tersebut, maka diharapkan dapat memberikan solusi yang tepat bagi wana wisata Coban Rondo dalam mempromosikan objek wisatanya.Perancangan ini dibuat diawali dengan mengidentifikasi latar belakang, rumusan masalah, menetapkan tujuan dari perancangan, yang dilanjutkan dengan kegiatan wawancara, observasi dan studi dokumentasi, setelah itu didapat serangkaian data yang telah dianalisis dari kegiatan tersebut, kemudian dilanjutkan ke dalam perencanaan kreatif media, dan perencanaan konsep desain. Hasil dari perancangan ini berupa beberapa media lini atas diantaranya adalah billboard, poster, iklan surat kabar dan website, serta media lini bawah diantaranya adalah brosur, signboard, x-banner, mini banner, kalender, stiker dan stationaryBeberapa saran yang dapat diberikan kepada perusahaan yaitu perlu meningkatkan kegiatan promosi secara terus menerus dengan konsep dan tema yang menarik, efektif, dan inovatif kepada masyarakat luas untuk menciptakan brandimage yang baik bagi perusahaan.