Peningkatan Keterampilan Gerak Tari Melalui Metode Pemodelan Pada Siswa Kelas VII B SMPN 1 Rejoso Nganjuk
Main Author: | Titik Harsiwiyati; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/46630 |
Daftar Isi:
- Titik Harsiwiyati1 Dra. Ninik Harini, M.Sn.2 Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang 65145 ABSTRAK: Sulitnya menirukan keterampilan gerak tari merupakan penyebab utama rendahnya prestasi belajar Seni Budaya, di samping minat dan semangat siswa dalam menari, serta pendapat bahwa menari bukan merupakan pelajaran yang penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan gerak tari melalui metode pemodelan pada siswa kelas VII B SMPN 1 Rejoso Nganjuk. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Rejoso, Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 33 siswa. Berdasarkan hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II, diperoleh data bahwa Peningkatan yang terjadi dari hasil siklus I sampai siklus II dapat dirinci sebagai berikut: (1) Peningkatan nilai rata-rata mencapai 6,21 nilai (dari hasil siklus I 75,91 menjadi 82,12 pada siklus II). (2) Peningkatan jumlah siswa berhasil mencapai 11 siswa (dari hasil siklus I 20 siswa menjadi 31 siswa pada siklus II). (3) Peningkatan persentase keberhasilan mencapai 33,34% (dari hasil siklus I 60,60% menjadi 93,94% pada siklus II). Kata Kunci: Keterampilan, gerak tari, pemodelan.