PerancanganIklan Layanan Masyarakat Tentang Bahaya E-Cigarette Bagi Kesehatan Untuk Pelajar SMA

Main Author: Guntur Nofandri; MAHASISWA
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/45019
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nofandri, Guntur. 2015. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Bahaya E-Cigarette Bagi Kesehatan Untuk Pelajar SMA. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dra. Lilik Indrawati, M.Pd, (II) Mohamad Sigit, S.Sn. Kata Kunci:Perancangan, Iklan, ILM, E-Cigarette, Pelajar SMA Angka prevalansi merokok di Indonesia merupakan salah satu di antara yang tertinggi di dunia, Berbagai upaya dilakukan orang untuk dapat berhenti merokok. Salah satu alternatif yang sempat mengemuka adalah rokok elektrik. Produsen e-cigarette mengklaim rokok elektrik lebih aman dibandingkan rokok konvensional. Banyak remaja mulai beralih menggunakan rokok elektrik, tetapi mereka tidak mengetahui bahwa rokok elektrik juga berbahaya dan memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Perancangan ini bertujuan menginformasikan kepada masyarakat khususnya pelajar SMA tentang bahaya rokok elektrik bagi kesehatan serta mengajak masyarakat untuk membiasakan pola hidup sehat dengan tidak mengkonsumsi rokok, baik rokok elektrik maupun rokok konvensional. Perancangan ini menggunakan model prosedural milik Rhenald Kasali yang menggariskan langkah-langkah untuk menghasilkan produk yang diawali dari latar belakang masalah yang dikembangkan melalui pengumpulan datang lapangan dan pustaka yang berkaitan dengan perancangan media utama yang berbentuk video.Pada tahap berikutnya adalah penyusunan konsep iklan yang akan dieksekusi dalam proses produksi. Pada tahap produksi dilakukan proses shootingdan animating. Hasil produksi akan diolah pada proses editing agar tersusun audiovisual yang berkesinambungan. Selanjutnya adalah tahap finishing yaitu rendering. Dimana file audiovisual tersebut diubah menjadi satu file MP4 yang kemudian diburning ke dalam CD. Dari perancangan ini dihasilkan media utama berupavideo ILM berjudul “Bahaya E-Cigarette” dengan durasi 110 detik. Video tersebut memiliki resolusi 1920x1080 pixel. Video iklan layanan masyarakat dengan judul “Bahaya E-Cigarette” memberikan informasi mengenai zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok elektrik. Video ILMinisebagai media kampanye penyampaian pesan bahwa rokok elektrik pun masih memiliki dampak negatif bagi kesehatan sama halnya dengan rokok konvensional pada umumnya. Media pendukung dari peracangan ini adalah x-banner, poster, brosur, pin, totebag, t-shirt, dan notebook.