MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL GAMBAR ILUSTRASI OBYEK MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MENCONTOH GAMBAR MANGA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 1 BANTUR

Main Author: MULYONO .; MAHASISWA
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/44817
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mulyono. 2015. Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Gambar Ilustrasi Obyek Manusia dengan Menggunakan Methode Mencontoh Gambar Manga Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Bantur, Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, FakultasSatra Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Drs.Didiek Rachmanadji, M.Pd Kata Kunci: hasilberkarya, menggambar Illustrasi,metode mencontoh, SMP Hasil observasi awal, siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Bantur Kabupaten Malang dalam aktivitas belajar masih rendah ini dapat dilihat dari rendahnyaperhatian pada penjelasan guru, bertanya dan menjawab pertanyaan, keterlibatan dan semangat siswa mengikuti pelajaran, kurang aktif dalam mengerjakan tugas, mengganggu siswa lain, kurang kemandirian dalam mengerjakan tugas,tidak tepat waktu dalam mengumpulkan tugas. Hasil menggambar Illustrasi obyek manusia kurang maksimal, terutama saat membuat sketsa gambar, juga dalam pewarnaan. Hal ini disebakan kurang optimalnya kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas berupa pembelajaran menggambar Illustrasi dengan mencontoh gambar Mangayang bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil berkarya siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: 1) mendiskripsikan penerapan pembelajaran menggambar Illustrasi dengan metode mencontoh gambar Mangauntuk meningkatkan aktivitas belajar, dan 2) mendiskripsikan penerapan pembelajaran menggambar Illustrasi dengan mencontoh gambar Manga untuk meningkatkan hasil gambar Illustrasi siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Bantur Kabupaten Malang. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, dengan rancangan tindakan pada siklus pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E pada semester genap tahun pelajaran 2014-2015 di SMP Negeri 1 Bantur Kabupaten Malang, jumlah 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, dan tes. Data diolah menggunakan rerata dan persentase (%), kemudian dianalisis secara diskriptif. Hasil analisisa ktivitas belajar siklus I menunjukkan lebih dari separuh siswa (59.4%)aktif, kurang dari separuh (40.6%)tidakaktifdalam KBM. Pada siklus II menunjukkan peningkatan aktivitas siswa, lebih banyak (76,2%) siswa aktif dalam KBM, siswa yang tidak aktif mengalami penurunan menjadi lebih sedikit (23.8%). Skor nilai menggambar Illustrasi siklus I rata-rata sebesar 72.62 dengan sebagian besar siswa (75.9%)mencapai KKM, sebagian siswa (24.1%) di bawah KKM,2 orang siswa mengumpulkan tugas tidak tepat waktu. Skor nilai pada siklus II rata-rata sebesar 80.76 (baik). Siswa yang mendapat nilai di atas KKM meningkat menjadi hampir seluruhnya (93.1%) dan sebagian kecil siswa (6.9%) di bawah KKM. tinggal1orang siswa mengumpulkan tugas tidak tepat waktu. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran menggambar Illustrasi dengan menggunakan metode mencontoh gambar Manga dapat meningkatkan aktivitas maupun hasil berkarya siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Bantur Kabupaten Malang. Atas dasar hasil penelitian tersebut guru agar lebih selektif dalam memilih media pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, sehingga diperoleh hasil yang lebih baik lagi sesuai tujuan.