Pengembangan Media Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Adobe Flash tentang Penerapan Ragam Hias pada Cangkang Telur untuk Kelas VII SMP
Main Author: | Ach. Riyan Hidayat; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/42151 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Peserta didik SMP dinilai kurang berminat terhadap pembelajaran ragam hias, salah satunya di SMP Negeri 18 Malang. Media Pembelajaran yang interaktif dan menarik akan merangsang motivasi peserta didik dalam pembelajaran yang akan berdampak pada kualitas pembelajaran dan hasil belajar.Tujuan penilitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan produk media pembelajaranberbasis adobe flashbernuansa animasi Jepang yang komunikatif, interaktif, menarik, dan menantang tentang penerapan ragam hias pada cangkang telur untuk kelas VII SMP serta menguji kevalidan produk secara konseptual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model prosedural yang memodifikasi dari model pengembangan Sugiyono dan Sutopo dengan tahapan (1) latar belakang, (2) pengumpulan data, (3) analisis data, (4) pengembangan prototype yang meliputi konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, distribusi, (5) validasi, (6) revisi, (7) uji coba, dan (8) revisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa persentase deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Uji validasi ahli media sebesar 90%, bagian yang direvisi adalah penggunaan layout dan ilustrasi lebih disesuaikan dengan materi serta ukuran font diperbesar pada bagian video,(2) validasi ahli materi 80%, bagian yang direvisi adalah KD dan penggunaan bahasa lebih disesuaikan dengan pembahasan, (3) uji coba pengguna memiliki kriteria sangat baik tanpa adanya revisi, dan (4) uji coba pemakaian kelompok kecil 80%, dilakukan revisi pada ukuran font yang diperesar serta mengganti audio yang mengganggu. Secara keseluruhan persentase dari uji coba sebesar 84,8% yang berarti produk yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik dan layak digunakan. Saran yang dapat dikemukakan penulis adalah sebagai berikut: (1) sebaiknya mengembangakan media digital yang berbasis 3D,(2) sebaiknya mencari bahan pustaka dan konsultasi dengan pakar yang ahli di bidang media dan ragam hias. (3) Bagi pihak sekolah sebaiknya mengintegrasikan multimedia pembelajaran.Pengembangan media interaktif yang dihasilkan ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan dan sumber inspirasi dalam mengembangkan media yang lebih baik. Disarankan produk ini dapat dipelajari dan dimanfaatkan oleh semua pihak yang membutuhkan media penerapan ragam hias pada bahan tekstil.