Perancangan Corporate Identity Siro Pager Abadi
Main Author: | Saiful Yahya; Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Pujiyanto, M.Sn, (II) Rudi Irawanto, S.Pd, M,Sn. |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/399 |
Daftar Isi:
- Corporate Identity atau identitas perusahaan merupakan desain yang dirancang berdasarkan pada karakter perusahaan sehingga dapat dibedakan identitasnya dengan perusahaan lainnya. Dalam menunjukkan identitasnya dilakukan dengan konsisten sehingga citranya menancap di benak masyarakat.Siro Pager Abadi Furniture dan Elektronik merupakan salah satu jaringan toko di kota Malang yang menjual produk mebel dan elektronik dengan segmentasi keluarga menengah yang berdomisili di Malang Raya sebagai pasar primer. Perancangan corporate identity Siro Pager Abadi ini dilatarbelakangi oleh logo yang ada tidak sesuai dengan karakter Siro Pager Abadi sehingga perusahaan ini perlu menampilkan karakternya melalui corporate identity untuk menguatkan citranya. Perancangan corporate identity menggunakan metode yang ada dan dikembangkan oleh penulis yaitu visualisasi data visual, pengembangan data-data visual, eksplorasi, evaluasi dan pemilihan hasil desain serta pembuatan final artwork. Hasil desain logo diaplikasikan pada beberapa media melalui beberapa tahapan diantaranya, yaitu pembuatan sketsa thumbnail, pembuatan rough layout, pembuatan final art work dan print out desain. Media yang terpilih adalah kop surat, kartu nama, neon box, map, amplop, mobil dinas, kartu pengenal, baju kerja, iklan koran, kupon undian, spanduk dan umbul-umbul. Hasil dari perancangan ini berupa prototype dan mock up dari media yang terpilih disertai dengan konsep yang menekankan pada komposisi warna dan tampilan logo, sehingga media dapat mewakili karakteristik perusahaan.