PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT (YMPP) DENGAN TEMA MENGGAMBAR RAGAM HIAS UNTUK SISWA SMP

Main Author: ABDUL QHODIR DANI EKO PRASETYO; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: idn
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMP
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/37100
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/download/37100/19851
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDani, Abdul Qhodir. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PowerPoint Dengan Tema Menggambar Ragam hias untuk SMP. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Moeljadi Pranata, M.Pd, (II) Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd.Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Interaktif, PowerPoint, Ragam Hias, SMPPentingnya meningkatkan teknologi di bidang pendidikan menuntut para pendidik untuk lebih kreatif serta tanggap terhadap perubahan yang terjadi di era global ini. Pada kurikulum 2013 terdapat kompetensi dasar yang mengharuskan siswa SMP untuk mengerti tentang menggambar ragam hias. Penelitian ini ditujukan untuk menyediakan media pembelajaran yang mampu mengajarkan siswa untuk mengerti tentang menggambar ragam hias, dengan memanfaatkan teknologi terbaru melalui pembelajaran interaktif yang menyenangkan. Pengembangan ini juga ditujukan untuk membuat media berbasis PowerPointyang dapat memudahkan para guru dalam menyampaikan materi menggambar ragam hias.Pengembangan ini menggunakan model pengembangan five-D dengan prosedur yang terdiri dari Define, Data, Design, Develop, Disseminate. Data diperoleh dari observasi, validasi, uji coba lapangan dan angket. Validasi dilakukan oleh dua ahli media dan dua ahli materi. Sedangkan uji coba lapangan kelompok kecil dilakukan pada siswa SMP yang terdiri dari 20 responden.Produk pengembangan ini berupa media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint yang dapat mengajarkan siswa tentang ragam hias serta langkah-langkah menggambar ragam hias melalui simulasi. Berdasarkan hasil validasi dua ahli media dan dua ahli materi serta uji coba pada kelompok kecil dapat diperoleh bahwa produk pengembangan ini memudahkan User/penggunamenerima materi menggambar ragam hias melalui tampilan media yang menarik dan interaktif. Pernyataan diatas didukung oleh perolehan analisis data sebagai berikut. Validasi dari ahli media diperoleh nilai sebesar 83% sehingga media dikatakan sangat valid, dari ahli materi diperoleh nilai sebesar 87% sehingga materi dikatakan valid, dari hasil uji coba lapangan diperoleh nilai sebesar 90% sehingga dikatakan sangat valid. Nilai rata-rata dari ketiganya diperoleh nilai sebesar 84%, dengan nilai tersebut maka media ini secara keseluruhan dinyatakan sangat valid dan layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran gambar ragam hias.Produk ini dibuat melalui berbagai pemikiran, kalkulasi dan eksperimen terhadap sistem game di PowerPoint. Pembuatan produk ini 85% menggunakan teknik YMPP dalam pembuatan obyek dalam game. Produk ini dikemas dalam keping CD dan box wadah CD dengan desain CD label, CD cover dan lembar petunjuk yang berisi tentang produk dan petunjuk pemakaian produk. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat meminimalkan Lag dengan sistem tertentu sehingga meringankan kerja komputer dalam menjalankan media.