Peningkatan Kemampuan Menggambar Ilustrasi Melalui Pendekatan Ekspresif-Kreatif Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang

Main Author: Gema Artistika; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/35207
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Artistika, Gema. 2014. Peningkatan Kemampuan Menggambar Ilustrasi Melalui Pendekatan Ekspresif-Kreatif Mata Pelajaran Seni Rupa Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Tjitjik Sriwardani, M.Pd, (II) Ike Ratnawati, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: hasil berkarya, menggambar ilustrasi, karikatur, pendekatan ekspresif-kreatif, SMP Dalam pelaksanaan pembelajaran senirupa di kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang, siswa belum maksimal dalam menggambar ilustrasi, terutama pada saat menyeket dan teknik mengarsir, sehingga gambar yang dihasilkan kurang maksimal. Hal ini disebabkan siswa masih belum mengerti tentang teknik menggambar karikatur. Melalui pendekatan ekspresif- kreatif diharapkan mampu membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menggambar ilustrasi, khususnya gambar karikatur. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) meningkatkan kemampuan menggambar ilustrasi melalui pendekatan ekspresif-kreatif yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang, dan (2) meningkatkan kemampuan menggambar ilustrasi melalui pendekatan ekspresif-kreatif yang dapat meningkatkan hasil produk siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang. Penelitian ini merupakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, dengan rancangan tindakan pada setiap siklus pembelajarannya. Penelitian ini dilaksanakan melalui tahapan studi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Tindakan ini dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang saat ini menduduki semester genapTahun Pelajaran 2013/2014 di SMP Negeri 18 Malang dengan jumlah siswa 39 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, tes, dan dokumentasi, dan dianalisis secara deskriptif menggunakan presentase (%). Peningkatan kemampuan berkarya siswa dalam menggambar ilustrasi dari hasil pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran gambar ilustrasi melalui pendekatan ekspresif-kreatif diterapkan dengan pemberian tugas membuat gambar karikatur. Siswa ditunjukkan berbagai contoh-contoh gambar ilustrasi melalui media laptop dan LCD. Hasil analisis pada siklus I menunjukkan 48,2% siswa aktif dalam KBM, sedangkan 51,8% siswa yang tidak aktif dalam KBM. Hasil analisis siklus II menunjukkan peningkatan aktivitas siswa, yaitu 58,7% siswa aktif dalam KBM, sedangkan jumlah siswa tidak aktif dalam KBM menurun menjadi 41,3%. Hasil analisis data tes unjuk kerja siswa dalam menggambar ilustrasi pada siklus 1 menunjukkan 43% siswa memiliki hasil karya baik, dan analisis data tes unjuk kerja pada siklus 2 menunjukkan peningkatan hasil karya siswa yaitu 82% siswa yang memiliki karya yang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menggambar ilustrasi siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang dapat ditingkatkan melalui pendekatan ekspresif-kreatif.