PERANCANGAN MEDIA PROMOSI OBYEK WISATA TELAGA SARANGAN UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN
Main Author: | adi nugroho septianto; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/33021 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/download/33021/17105 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Septianto, AdiNugroho. 2014. “Perancangan Media Promosi Wisata Telaga Sarangan Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan”. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc. (II) H.J. Hendrawan, S.Sn, M.Ds Kata kunci : Perancangan, Media Promosi,TelagaSarangan, Kunjungan Wisatawan Kabupaten Magetan menawarkan salah satu obyek wisatanya. Obyek wisata tersebut adalah Obyek Wisata Telaga Sarangan. Obyek Wisata Telaga Sarangan yang juga dikenal sebagai telaga pasir ini adalah sebuah telaga alami yang terletak di kaki Gunung Lawu, deretan pegunungan, telaga yang asri, serta udara sejuk pegunungan akan sertamerta membuat perasaan menjadi damai. Tujuan perancangan untuk menciptakan sebuah media promosi yang komunikatif dan efektif bagi target audience, sebagai alat untuk mempromosikan pariwisata unggulan Magetan. Media dibuat dengan ilustrasi dan desain yang responsive bagi target audience dengan tidak melupakan unsure komunikatif dan persuasif, sehingga Telaga Sarangan dapat dikenal sebagai tujuan pariwisata yang dikenal oleh masyarakat luas. Model perancangan yang digunakan dalam perancangan media promosi adalah model perancangan prosedural, yaitu model yang yang megunakan langkah-langkah yang sistematis, terstruktur berurutan dan logis untuk menghasilkan produk akhir, dimulai dengan pengumpulan data terdiri dari data lapangan dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara dan data pustaka. Data yang didapat kemudian di analisis dan akhirnya menjadi konsep dari perancangan. Perancangan media terdiridari poster, billboard, x-banner, brosur, katalog,messageer bag, merchandise, sign board. Perancangan ini diharapkan dapat dilanjutkan hingga menghasilkan karya yang lebih lengkap. Sebab, potensi wisata Telaga Sarangan masih banyak yang dapat dikembangkan untuk tujuan pariwisata, maupun tujuan komersil.