PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGAPRESIASI KARYA SENI RUPA TERAPAN NUSANTARA BERBASIS POWER POINT UNTUK SISWA KELAS VIII SMP KARYA PAGELARAN

Main Author: Cahya Prihandika; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/30767
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Prihandika, Cahya. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Mengapresiasi Karya Seni Rupa Terapan Nusantara Berbasis Power Point untuk Siswa Kelas VIII SMP Karya Pagelaran. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Purwatiningsih, M.Pd., (II) Drs. Eko Budi Winarno Kata Kunci: media pembelajaran, mengidentifikasi, karya seni rupa terapan nusantara. Media pembelajaran merupakan alat bantu ajar yang digunakan oleh guru maupun siswa. Keberadaan sebuah media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar sangatlah penting. Media berfungsi untuk memberi kesempatan pada siswa agar siswa di kelas tidak terus-terusan berpusat pada guru. Kebiasaan berpusat pada guru, pada akhirnya membuat siswa tidak mampu berpikir kreatif dan sulit untuk mengembangkan pengetahuan mereka. Selain itu, tidak banyak guru yang menggunakan media pembelajaran ketika menyampaikan materi pembelajaran. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pengembangan media yang menarik dan inovatif. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan (1) media pembelajaran yang memenuhi syarat pengembangan isi media pembelajaran, (2) media pembelajaran yang memenuhi syarat pengorganisasian isi media pembelajaran, (3) media pembelajaran yang memenuhi syarat penggunaan bahasa dalam media pembelajaran, dan (4) media pembelajaran yang memenuhi syarat tampilan media pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran adalah adaptasi dari model pengembangan Borg & Gall (dalam Sukmadinata, 2012:169—170). Berdasarkan model tersebut, terdapat empat tahap pengembangan, yaitu (1) tahap prapengembangan, (2) tahap pengembangan, (3) tahap uji coba produk, dan (4) tahap revisi atau penyempurnaan. Produk hasil pengembangan diujicobakan untuk mengetahui kelayakan produk, yaitu melalui uji ahli, uji praktisi, dan uji kelompok kecil (siswa SMP kelas VIII). Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh dua simpulan hasil pengembangan sebagai berikut. Pertama, masalah pengaruh media tersebut terhadap siswa. Media yang dikembangkan menarik perhatian siswa, sehingga dapat merangsang pola pikir siswa dalam mengapresiasi karya seni rupa terapan. Kedua, masalah pengaruh media tersebut terhadap guru. Media yang dikembangkan dapat membantu guru, baik untuk menggunakan atau untuk mengembangkan media pembelajaran apa yang tepat untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. ABSTRACT Prihandika, Cahya. 2013. Prihandika, C. 2013. The Development of Learning Media for Appreciating Archipelago Applied Fine Arts Based on Power Point for Students in VIII Grade of Junior High School Karya Pagelaran. Thesis, Departement of Design and Arts, Faculty of Letters, State University of Malang. Advisors: (I) Dra. Hj. Purwatiningsih, M.Pd., (II) Drs. Eko Budi Winarno Keyword: the development of learning media, appreciating, archipelago applied fine arts. Learning Media is a teaching tool used by teachers and students. The existence of a learning media in teaching and learning activities is essential. The media serves to provide students with opportunities for students in the class did not keep a teacher-centered. Teacher-centered habits, ultimately making students not able to think creatively and hard to develop their knowledge. Moreover, not many teachers who use learning media in delivering learning material. Related with that, it would require the development of learning media which interesting and innovative. The purpose of this development research is to produce (1) learning media that qualified to media content development, (2) learning media that qualified to organizing instructional media content, (3) learning media that qualified to learning media language, and (4) learning media that qualified to learning media display. Development model used to develop the learning media is an adaptation of Borg & Gall (in Sukmadinata, 2012:169-170) model of development. Based on this model, there are four stages of development, namely (1) pre-development phase, (2) developing phase, (3) product testing phase, and (4) phase of revision or refinement. Products tested to determine the worthiness of the products, namely through expert testing, practitioners testing and small group test (eighth grade junior high school students). Based on the results of the data analysis, two conclusions obtained results following development. First, the problem of the media's influence on students. Developed learning media excites students, so it can stimulate students' thinking in appreciating applied fine arts. Second, the problem of the influence of the media on the teacher. Media were developed to help teachers, either to use or to develop instructional media that suitable for use in teaching and learning.