Perancangan Video Iklan Televisi Sebagai Media Promosi Wisata Air Terjun Coban Rondo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Skripsi

Main Author: Lintang Fajri Moonagusta; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/28696
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Moonagusta, Lintang Fajri. 2013. Perancangan Video Iklan Televisi Sebagai Media Promosi Wisata Air Terjun Coban Rondo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Pranti Sayekti S.Sn, M.Si (II) Moh Abdul Rohman, S.Sn, M. Sn. Kata kunci: perancangan video, iklan televisi, coban rondo, kota malang. Kota Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur dengan memiliki potensi wisata yang cukup baik, terbukti dengan adanya salah satu tempat wisata yang terdapat di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, ialah Coban Rondo. Meskipun dilengkapi oleh berbagai macam fasilitas dan wahana wisata, namun diketahui bahwa jumlah pengunjung pada tahun 2010 ialah 472.571 atau sekitar 38%, dan mengalami penurunan sekitar 3% atau 440.251 yaitu 35% pada tahun 2011 dan pada tahun 2012 jumlah pengunjung masih mengalami penurunan 8% yaitu mencapai 337.442 atau sekitar 27%, maka dari itu perlu dilakukan adanya sebuah promosi untuk mengenalkan Coban Rondo kepada masyarakat, diharapkan setelah adanya promosi pengunjung mengalami peningkatan untuk tahun-tahun berikutnya. Metode perancangan dalam perancangan ini menggunakan model perancangan prosedural dari Fred Wibowo yang sudah dikembangkan, beberapa tahapan diawali dengan gagasan atau konsep perancangan. Kemudian dari gagasan tersebut dilakukan identifikasi data lapangan dan data pustaka selanjutnya di lakukan analisis yang nantinya didapatkan sebuah informasi mengenai data dari objek penelitian. Dari analisis data-data tersebut dilakukan sintesa yang menghasilkan sebuah konsep perancangan. Setelah konsep perancangan selesai maka masuk pada tahapan Pra Produksi, Produksi dan Pasca Produksi. Perancangan ini menghasilkan media promosi untuk wisata air terjun Coban Rondo dengan media utama berupa iklan televisi. Iklan televisi dinilai cukup cepat dan informatif dalam menyampaikan informasi sehingga dipilih sebagai media promosi yang tepat untuk Coban Rondo. Disarankan untuk perancangan selanjutnya ialah menetapkan satu tujuan diantaranya mengangkat potensi wisata yang ada didaerah sekitar serta merancang sebuah media promosi dengan lebih kreatif dan inovatif.