Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint: Perspektif dalam Menggambar Bentuk Benda Kubistis dan Silindris untuk Siswa Kelas VII SMP

Main Author: Riza Fatmala; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/26583
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fatmala, Riza. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint: Perspektif dalam Menggambar Bentuk Benda Kubistis dan Silindris untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Moeljadi Pranata, M.Pd, (II) Drs. Andi Harisman. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Perspektif, Menggambar Bentuk Dalam pembelajaran Seni Budaya, khususnya menggambar bentuk yang mengutamakan adanya kesan jauh dan dekat bagi siswa kelas VII SMP tentu sulit jika mereka tidak mempunyai pengetahuan perspektif. Perkembangan ilmu dan teknologi semakin mendorong usaha-usaha ke arah pembaharuan dalam memanfaatkan hasil-hasil teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran. Maka dari itu perlu adanya media pembelajaran sebagai alat bantu bagi guru untuk menyampaikan perspektif, agar siswa lebih mudah memahami dan mampu mengaplikasikan perspektif dalam menggambar bentuk 3D Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis PowerPoint mengenai dasar-dasar perspektif dalam menggambar bentuk benda kubistis dan silindris untuk siswa kelas VII SMP. Model pengembangan yang digunakan adalah model 5D (Pranata,2012), yang terdiri dari lima tahapan yaitu 1) Define; 2) Data; 3) Design; 4) Develop dan 5) Disseminate.Validasi media terdiri dari 2 ahli media dan 2 ahli materi. Sedangkan uji coba lapangan dilakukan di SMPN 01 Batu dengan audien 20 siswa. Berdasarkan hasil validasi dari ahli diperoleh prosentase 85,9% dari ahli media, yang berarti sangat valid. Untuk hasil validasi ahli materi diperoleh prosentase 86,4% sangat valid, dan untuk uji coba lapangan diperoleh prosentase 87.4% yaitu sangat valid. Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan dari media pembelajaran ini secara keseluruhan sangat valid dan layak untuk menunjang pembelajaran Seni Budaya di SMP. Spesifikasi produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah : soft file dalam CD, jumlah total 78 slide yang berisi kompetensi, materi, dan evaluasi, menggunakan teknik computerized dengan tampilan full color. Software yang digunakan Microsoft Office PowerPoint 2010. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran gambar perspektif yang dikembangkan ini valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pendukung pendidikan Seni Budaya di SMP. Disarankan untuk peneliti berikutnya agar mengkaji lebih dalam pada saat pemilihan materi, desain pesan, dan desain tampilan agar dapat menghasilkan media yang layak untuk disajikan sebagai media ajar. Penelitian ini hanya sebatas pengembangan produk, diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat dilakukan sebuah uji keefektifan dari produk media berbasis PowerPoint untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa.