Perancangan Game Short Path Puzzle Beserta Media Promosinya

Main Author: Vinsensius Indra Suriantoso; Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/250
Daftar Isi:
  • Game komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan tepat, yaitu dapat membantu pengembangan intelektual dan motorik seseorang. Salah satu jenis game komputer yang dapat meningkatkan perkembangan intelegensia adalah game berjenis Puzzle (teka-teki). Dengan bermain game puzzle, kita bisa mendapatkan dua hal yang bermanfaat, yaitu sebagai media hiburan alternatif dan juga sekaligus dapat mengasah kemampuan intelegensia dan logika kita. Sehingga bisa dikatakan bahwa ketika bermain game puzzle berarti kita melatih otak dengan cara yang menyenangkan. Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka dibuatlah sebuah rancangan visual game puzzle yang mampu mengasah kemampuan intelegensia dan logika, serta menarik dari segi visual. Hal-hal yang dibahas dalam proses perancangan ini adalah konsep game, karakterisasi, desain interface, desain level, dan pengadaan tata suara, serta perancangan media pendukung yang akan digunakan dalam proses promosi game. Metode perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural. Adapun proses produksi game ini didasarkan pada pencarian data referensi dan empirik, konsep perancangan, dan paparan program visual. Produk yang dihasilkan berupa sebuah game komputer berjenis puzzle yang mampu mengasah kemampuan intelegensia dan logika, serta menarik dari segi visual, yang ditujukan bagi pemain game berusia remaja. Selain itu, perancangan ini menghasilkan berbagai jenis media promosi yang sesuai untuk membantu proses pemasaran game, meliputi media above the line yang terdiri dari poster, x-banner, e-banner, dan film animasi pendek, serta media below the line yang terdiri dari kaos, cover CD, dan brosur. Dengan dirancangnya game ini, diharapkan dapat memperkaya khasanah desain game di Indonesia, sehingga industri produksi game di dalam negeri bisa berkembang lebih baik, dan tidak lagi bersifat individu dalam pengerjaan, melainkan dapat menjadi sebuah industri terbuka yang mampu menyerap banyak tenaga kreatif.