Pelaksanaan Pembelajaran Anyam Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung

Main Author: Eko Prabowo; Mahasiswa UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/22757
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Prabowo, Eko. 2012. Pelaksanaan Pembelajaran Anyam Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Skripsi, Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Ida Siti Herawati, M.pd, (II) Fenny Rochbeind, S.Pd, M.Sn. Kata Kunci : Pembelajaran Anyam, siswa kelas VII, SMP Negeri 1 Sumbergempol Berbagai bentuk kegiatan dan media kreatif memberi banyak kesempatan pada anak untuk berkreasi menurut keinginan dan caranya sendiri. Salah satu upaya pengembangan potensi anak melalui lembaga formal yaitu Sekolah. Peran sekolah dan guru sangat dibutuhkan untuk dapat mengembangkan bahan ajar, dan berusaha menemukan bagaimana kegiatan seni siwa yang dapat memenuhi kebutuhan fisik, emosional, mental dan estetik siswa. SMP Negeri 1 Sumbergempol merupakan salah satu sekolah di kabupaten Tulungagung yang dalam kegiatan pembelajaran seni budaya mengajarkan anyaman. Kegiatan pembelajaran menganyam ini menggunakan bahan dari kertas warna. Hal ini didukung dengan guru seni budaya yang memiliki kemampuan berkesenian, karena lulusan dari Universitas Negeri Malang angkatan 1987. Untuk itu peneliti penelitian ini bermaksud mengetahui bagaimanakan perencanaan kegiatan pembelajaran menganyam dan pelaksanaan pembelajaran menganyam siswa kelas VII dengan bahas kertas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menganyam di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung yang berlokasi di Jl. Raya Tulungagung 30 Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Kegiatan tpembelajarannya dilaksanakan untuk siswa kelas VII E, untuk perencanaan pembelajaran yaitu: Penentuan materi, Langkah-langkah pembelajaran, Media pembelajaran, Penilaian, sedangkan untuk pelaksanaan pembelajarannya Penerapan metode, Kegunaan media, Interaksi guru dengan siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kulitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi pada proses pembelajaran, wawancara dengan guru seni budaya dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan pembelajaran meliputi: Penentuan materi anyam, Langkah-langkah pembelajaran menganyam, Media pembelajaran, Penilaian kreatifitas, hasil karya dan diskusi, sedangkan untuk pelaksanaan pembelajarannya Penerapan metode, Penggunaan media, Interaksi guru dengan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru dan lembaga pendidikan/sekolah terutama SMP Negeri 1 Sumbergempol dalam pembelajaran tidak hanya menekankan pada penugasan keterampilan secara fisik, tetapi juga psikis. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat mengembangkan potensi siswa.