Perancangan Buku Pop Up tentang Pengenalan Satwa Langka Indonesia untuk Anak-anak Usia 7 – 11 tahun

Main Author: Yudhistya Ayu Kusumawati; Mahasiswa UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/19939
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kusumawati, Yudhistya Ayu. 2012. Perancangan Buku Pop Up tentang Pengenalan Satwa Langka Indonesia untuk Anak-anak Usia 7 – 11 tahun. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni Desain. Pembimbing: (1) Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc. (2). Pranti Sayekti, S.Sn, M.Si. Kata Kunci: Buku Pop Up, Satwa Langka Indonesia Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan keanekaragaman faunanya. Indonesia memiliki berbagai jenis satwa langka yang terancam punah karena habitatnya yang terus tergeser oleh populasi manusia. Selain itu, perburuan liar ikut mempengaruhi satwa-satwa ini mendekati kepunahan. Pengetahuan tentang satwa langka Indonesia pun masih sangat minim. Masyarakat Indonesia harus belajar untuk lebih peduli terhadap satwa langka karena merupakan salah satu kekayaan negara yang patut untuk kita jaga kelestariannya. Untuk menumbuhkan rasa peduli masyarakat dapat dilakukan dengan cara memperkenalkan satwa langka yang dimiliki Indonesia kepada masyarakat luas. Menanamkan rasa peduli dapat ditanamkan semenjak kecil yaitu dengan cara belajar. Memperkenalkan berbagai macam satwa langka Indonesia sejak dini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada mereka tentang keberadaan satwa langka di Indonesia. Anak-anak dapat memahami bahwa di Indonesia memiliki banyak keanekaragaman satwa yang menarik dan unik yang terancam punah. Berbagai satwa langka dengan wujud dan keunikan masing-masing diharapkan dapat menarik perhatian dan menumbuhkan rasa kecintaan yang dikemas dengan tampilan visualisasi yang menarik untuk anak-anak. Maka, dibutuhkan suatu inovasi atau sesuatu yang menarik agar minat belajar masyarakat tentang satwa Indonesia semakin tinggi. Satwa yang beragam inilah maka diperlukan suatu media yang menarik. Salah satunya adalah buku pop up tentang satwa langka Indonesia. Buku berbasis pop up saat ini merupakan media yang cukup diminati karena didukung dengan visualisasi 3D. Diharapkan dengan adanya tampilan 3D pada buku pop up akan membuat semakin menarik sehingga pesan yang akan disampaikan akan dengan mudah di terima oleh penikmat buku tersebut. Buku ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat tentang pengenalan satwa langka Indonesia yang dikemas dengan menarik dan komunikatif sehingga bisa menumbuhkan rasa kecintaan sang pembaca untuk menjaga dan melestarikan satwa di Indonesia khususnya anak-anak sekolah dasar usia 7 – 11 tahun. ABSTRACT Kusumawati, Yudhistya Ayu. 2012. Developing Pop Book to Introduce Indonesian Endangered Animals to Children of age 7 – 11, Thesis, Visual Communication Design, Art Design Department. Advisor: (1) Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc. (2). Pranti Sayekti, S.Sn, M.Si. Keywords: Pop Up Book, Indonesian Endangered Animals Indonesia is an archipelagic country that has variegated wildlife. Ironically, their number keeps decreasing since human population is displacing their natural habitat. Besides, poaches have also become another factor that pushes those rare animals into the brink of extinction. Endangered animals are ones of country’s treasures that need to be cherished. In fact, people’s awareness toward that specific type of animals in Indonesia is still low. In order to encourage them to be more proactive in protecting those animals, there needs to be an attractive way to introduce the variety of rare animals to society. To make it more effectively, the introduction needs to be started as early as possible from young age. An early start of raising awareness is expected to enlighten people the important existence of nearly extinct animals in Indonesia. Children will understand that there are various animals, of which number is threatened, living around them. Those animals are all unique, thus they need to be protected in order to survive. Therefore, to draw children’s interests in knowing them better, all those distinctive animals with all their special features and characteristics need to be wrapped up with striking visual display. An innovation should be made to encourage people learn more about endangered animals. In line with that, this study was eager to develop a pop up book as one of ways to introduce those animals to people. The pop up book in this study is equipped with 3D visualization, so it should be interesting enough to draw people’s attention to learn. Furthermore, because the visual aids provide real examples, it can assist readers to perceive the messages well. Finally, because this book wraps the rich content of knowledge about threatened animals attractively and communicatively; it is expected to appeal people to be aware and eager to learn about them. The awareness and understanding of rare animals’ current state will encourage people, more specifically children of age 7-11, to take needed actions to keep those animals from appearing forever.